Angka Keterisian Pasien Covid-19 mencapai 90%, Dinkes Imbau Masyarakat Disiplin Prokes

Angka Keterisian Pasien Covid-19 mencapai 90%, Dinkes Imbau Masyarakat Disiplin Prokes
Foto: Ridwan Abdul Malik

INILAH, Bandung - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengimbau kepasa pasien positif Covid-19 tanpa gejala untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Pasalnya, angka keterisian pasien positif Covid-19 di rumah sakit sudah mencapai angka 90%.

"Kalau tingkat keterisian kita sekitar 90 persen," ucap Ahyani saat ditemui di Kantor Dinkes Kota Bandung, enin (28/12/2020).

Ahyani menyebutkan, angka pasien yang terinfeksi di Kota Bandung diketahui didominasi oleh pasien berstatus tanpa gejala atau OTG. Mereka berada pada rentang usia 20 hingga 50 tahun yang acap kali beraktivitas di luar rumah.

"Jadi kalau sebetulnya dia tanpa gejala ya atau gejala ringan maka dia bisa melakukan isolasi mandiri di rumah dengan didampingi oleh Puskesmas, jangan panik," ungkap Ahyani.

Lebih lanjut, Ahyani menambahkan,  masyarakat diharapkan dapat menghindari penularan Covid-19 dengan disiplin. Pasalnya, kedisiplinan masyarakat akan protokol kesehatan menjadi salah satu cara yang ampuh mencegah penularan.

"Nomor satu lindungi diri kita dan hindari dari penularan, masyarakat itu bukan melawan tapi hindari dan lindungi. Kalau yang melawan itu di faskes, nah supaya jangan ada kasus baru, benteng pertama itu 3M dan 1T," pungkasnya. (Ridwan Abdul Malik)