Keberangkatan Calon Jamaah Haji 2021 Masih Belum Jelas

Keberangkatan Calon Jamaah Haji 2021 Masih Belum Jelas
net

INILAH, Cirebon - Keberangkatan calon jamaah haji Indonesia tahun depan sampai sekarang masih belum jelas. Artinya, belum ada keputusan bisa diberangkatkan atau tidak. 

Hal itu tergantung situasi di Arab Saudi, apakah memberlakukan penutupan, atau kembali dibuka. Demikian dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cirebon Mujayin, Selasa (29/12/2020).

Mujayin mengatakan, sampai saat ini pihaknya tengah mengikuti kebijakan pemerintah pusat melalui Kementerian Agama. Ada wacana tiga opsi keberangkatan calon jamaah haji 2021 mendatang. Opsi pertama, calon jamaah haji di Kabupaten Cirebon akan tetap diberangkatkan dengan kuota penuh. Hal ini dilakukan dengan catatan jika pandemi Covid-19 sudah selesai atau vaksinasi sudah merata.

"Opsi ini keberangkatan jamaah haji full. Jadi sebanyak 231 ribu akan diberangkatkan secara bersamaan, tapi dengan catatan Covid-19 sudah berhenti atau mungkin vaksinasi sudah merata.

Sedangkan opsi kedua, lanjutnya, yaitu pembatasan kuota haji. Pembatasan kuota tersebut bisa mencapai 30 persen, 40 persen hingga 50 persen. Terkait pembatasan itu, usia maksimal calon jamaah haji adalah 50 tahun. Sedangkan opsi ketiga yakni pemberangkatan jamaah haji ditunda kembali seperti tahun ini.

“Itu opsi-opsi yang berkembang sekarang, kita akan menunggu seperti apa,” ujarnya. 

Dia menambahkan, meski ketiga opsi tersebut telah disiapkan, akan tetapi kuncinya berada pada Pemerintah Arab Saudi. Apakah tidak berangkat haji atau jadi seperti apa, Pemerintah Indonesia, tetap mengikuti kebijakan pemerintah Arab Saudi. 

"Regulasinya masih menunggu pemerintahan Arab Saudi. Karena tidak mungkin Indonesia memberangkatkan, sementara di sana masih ditutup,” tukasnya. (Maman Suharman)