Aa Gym Positif, Eco Pesantren Ditutup

Aa Gym Positif, Eco Pesantren Ditutup
Foto: Ahmad Sayuti

INILAH, Ngamprah - Pasca Pimpinan Daarut Tauhid Aa Gym dinyatakan positif Covid-19, Eco Pesantren untuk sementara ditutup untuk tamu. Selain itu, semua kegiatan di pesantren pun dihentikan. 

Dari pantauan, gerbang atau portal Eco Pesantren Daarut Tauhid, di Desa Cigugurgirang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, ditutup. Hanya ada security yang berjaga, dan jika ada pengurus pesantren yang akan masuk diingatkan untuk tetap melaksanakan prokes. 

Security Eco Pesantren Daarut Tauhid, Dadan, mengatakan setelah diumumkan Aa Gym positif Covid-19, pengurus langsung menerapkan lockdown terhadap area pesantren.

"Hari ini langsung ditutup sepenuhnya, tidak boleh ada tamu yang masuk. Biasanya ada orangtua yang datang cari informasi soal pendaftaran, tapi kita tidak layani dulu sesuai arahan pimpinan," katanya.

Selain itu, di area pesantren sudab dilakukan tiga kali penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran COVID-19.  Walaupun semenjak awal pandemi sebenarnya kegiatan para santri sudah diliburkan. 

Dadan mengaku jika Aa Gym sempat bermalam beberapa hari di villa yang ada di dalam area Eco Pesantren. Terakhir Aa Gym menginap di Eco Pesantren pada Minggu (27/12/2020) lalu. 

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat juga turut menerjunkan tim dari Dinas Kesehatan untuk melakukan tracing kontak erat di lingkungan Eco Pesantren Daarut Tauhid. 

"Dinkes telah menurunkan tim medis dari puskesmas Ciwaruga melalukan tracing ke lingkup pesantren," ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Bandung Barat Agus Ganjar Hidayat. (Ahmad Sayuti)