Cabai Merah Masih Mahal, Ini Kata Elly Wasliah

Cabai Merah Masih Mahal, Ini Kata Elly Wasliah
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional Kota Bandung masih bertahan tinggi. Di tingkat pedagang saat ini, untuk satu kilogram cabai merah tembus hingga Rp70 ribu. 

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, salah satu penyebab masih tingginya harga cabai merah saat ini masih ditenggarai faktor cuaca. 

"Masih karena faktor cuaca (musim hujan), dan memang kenaikan harga cabai merah sangat signifikan. Kenaikannya hampir satu kali lipat dari harga normal," kata Elly, Jumat (1/1/2021). 

Menurutnya, musim penghujan sekarang ini menyebabkan menurunnya kualitas cabai merah. Di musim penghujan, cabai merah cepat mengalami pembusukan lantaran kandungan air di dalamnya. 

Sehingga kata dia, baik pedagang di pasar tradisional dan modern enggan untuk menyimpan cabai merah dalam jumlah banyak. Kondisi ini berbanding terbalik ketika di musim kemarau. 

"Kalau musim kemarau kualitasnya bagus, cabai kering dan biasanya pedagang mau menyimpan cabai merah dalam jumlah banyak karena cabai tidak cepat membusuk seperti di musim hujan," ucapnya. 

Dalam situasi saat ini, Elly berharap adanya upaya untuk mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap cabai merah segar. Masyarakat diharapkan mulai menggunakan cabai bubuk atau sambal olahan. 

"Selain cabai merah, ada beberapa komoditas lainnya yang memang mengalami kenaikan seperti telur ayam dan daging ayam. Tetapi menurut teman-teman di lapangan mulai berangsur turun," ujar dia. (Yogo Triastopo)