Ini Dia Daftar Transfer Bakal Meledak Bulan Ini

Ini Dia Daftar Transfer Bakal Meledak Bulan Ini

INILAH, London - Bursa transfer Januari segera dibuka lagi. Sejumlah kejutan bisa saja terjadi. Termasuk perpindahan pemain bintang paling top. Seperti apa?

Liverpool, misalnya, kini butuh seorang --atau bahkan tiga-- bek sentral. Arsenal memburu gelandang kreatif. Lalu, Manchester City sedang mencari pemain yang bisa jadi X-factor.

Lionel Messi dan David Alaba hanyalah dua nama besar yang kontraknya berakhir di penghujung musim ini. Keduanya sudah mulai bisa melakukan negosiasi prakontrak. Atau, klub mereka akan melepas bulan ini sebelum ditinggalkan dan tak dapat apa-apa.

Lionel Messi
Peluang: Dari Barcelona ke Manchester City

Tidaklah mengherankan jika Lionel Messi meninggalkan Barcelona pada 2021 ini. Bintang Argentina berusia 33 tahun ini, musim lalu, berselisih paham dengan petinggi Barcelona. Dia sempat mengajukan permintaan untuk dilepas sebelum akhirnya memutuskan bertahan satu musim lagi.

Manchester City nyaris mendapatkan Lionel Messi saat itu dan kini kembali jadi favorit menggaet sang bintang. Meski begitu, Paris St Germain juga berharap pertemanan Messi dan Neymar akan membawanya berlabuh di Paris.

Kedua klub dikabarkan saat ini berupaya mengawali kesepakatan personal dengan bintang Barcelona itu sebelum memastikan transfernya musim panas mendatang.

Tapi, jika ada salah satu yang siap membayarkan uang lebih saat ini, kemungkinan itu akan menggoda Messi meninggalkan Barcelona dan menghabiskan kariernya di klub baru setelah 20 tahun bersama Barcelona.

Delle Alli 
Peluang: Dari Tottenham ke Paris SG

Terima kasih atas relasi Pep Guardiola dengan Messi, Manchester City kini jadi favorit kuat untuk melabuhkan bintang asal Argentina itu.

Tapi, itu bukan kabar yang sepenuhnya buruk bagi Paris SG.Pasalnya, mereka juga bisa membelanjakan dana untuk mendapatkan pemain lain ketimbang membayar kontrak Messi yang tinggi, sekitar 900 ribu pound sepekan.

Salah satu pemain yang mereka incar adalah Delle Alli. Bintang tim nasional Inggris berusia 24 tahun ini jarang dapat kesempatan di Tottenham Hotspur sejak ditangani Jose Mourinho dan bahkan menunjukkan kemarahannya saat ditarik keluar lapangan pada laga Piala Carabao lawan Stoke.

Alli baru main di empat laga Liga Primer musim ini dengan hanya memenangkan satu di antaranya, yakni saat menggilas Manchester United 6-1.

Dengan mantan pelatih Hotspur, Mauricio Pochettino diperkirakan akan menjadi pelatih di PSG, maka salah satu pijakan penyelamatan karier Delle Alli adalah meninggalkan klub London Utara itu dan bergabung dengan Le Parisien.

Christian Eriksen
Peluang: Inter Milan ke Paris SG

Jika Delle Alli bergabung dengan PSG, kemungkinan dia bisa bertemu kembali dengan sahabat lamanya: Christian Eriksen.

Mantan gelandang Tottenham Hotspur ini mendapatkan kesulitan menyesuaikan diri di Italia dan gagal mendapatkan tempat di Inter Milan, klub yang ditukangi Antonio Conte.

Diperkirakan Eriksen akan meninggalkan Inter Milan pada 2021 ini. Tapi, bukan tak mungkin pula dia akan pergi pada bulan ini.

Jika saja Maurio Pochettino akhirnya menukangi PSG, baik Eriksen maupun Alli kemungkinan akan tertarik bergabung dengannya di Paris.

PSG sudah memenangkan tujuh dari delapan musim terakhir gelar juara Ligue 1 dan akan membelanjakan uang untuk memperkuat skuat agar bisa meraih impian merebut gelar juara Liga Champions. Peluang meraih trofi Eropa itu juga akan menarik bagi Alli, Eriksen, dan Pochettino.

Declan Rice
Peluang: West Ham ke Chelsea

Chelsea membelanjakan lebih banyak dana dibanding klub Liga Primer lainnya musim panas lalu. Nilainya mencapai 220 juta pound.

Tapi, dengan performa yang tak stabil sepanjang musim 2020/21, pelatih Frank Lampard berpikir mendapatkan pemain baru lainnya pada bursa musim dingin kali ini.

Salah satu pemain incarannya adalah Declan Rice, pemain berusia 21 tahun asal West Ham. Musim lalu, Chelsea nyaris mendapatkan pemain yang lahir dari produk akademinya itu, tak gagal menyudahinya.

Meskipun lebih sering main di gelandang, baik di West Ham maupun timnas Inggris, Lampard melihat Rice sebagai bek sentral tangguh, yang bisa berduet dengan Kurt Zouma.

Kemungkinan Rice bergabung dengan Chelsea lebih besar pada bursa musim panas nanti. Tapi, dengan Chelsea ingin memastikan tiket Liga Champions musim mendatang, bukan tak mungkin Januari ini Rice sudah berkostum biru.

Isco
Peluang: Real Madrid ke Arsenal

Karier Isco di Bernabeu kelihatannya akan sama seperti Gareth Bale, sejak ditanagni Zinedine Zidane. Dia bahkan tak pernah jadi starter di satu pertandingan pun sejak 8 November.

Isco (28) disebut-sebut akan pindah. Sejumlah klub selama ini menyatakan ketertarikan menggaetnya, mulai dari Liverpool, Tottenham Hotspur, dan Chelsea.

Tapi, kini Arsenal ingin menggaetnya segera untuk mengatasi persoalan pada kreativitas di lini gelandang.

Mereka harus menghadapi persaingan dari klub lain seperti Everton atau Sevilla, tapi harapan untuk mendapatkan sang gelandang musim ini cukup tinggi. Terlebih, mereka harus berjuang menghindari ancaman degradasi.

Diego Costa
Peluang: Dari Atletico Madrid ke Arsenal

Arsenal diyakini juga mengincar mantan striker Chelsea, Diego Costa, yang kini bermain untuk Atletico Madrid. Klub Spanyol itu sepakat memutus kontrak Costa awal pekan ini sehingga status striker berdarah Brasil itu jadi pemain bebas.

Dianggap gagal meraih performa menawan di tengah gajinya yang tinggi di Wanda Metropolitan, Atletico Madrid kemungkinan akan segeral melepasnya. Kini, Costa bisa mencari tim kuat yang bisa menjaminnya jadi starter. Itulah yang membuatnya bisa tertarik kembali ke Liga Primer.

Meski begitu, setelah mendapatkan status pemain pujaan di Chelsea. sulit melihatnya bisa pindah ke Arsenal, kecuali jika klub London tersebut mengajukan tawaran yang tak bisa dia tolak.

Eric Garcia
Peluang: Dari Manchester City ke Barcelona

Eric Garcia sudah menyatakan kesepakatan personal dengan Barcelona. Dia bahkan kemungkinan bisa meninggalkan Manchester City dan bergabung dengan klub Catalunya itu bulan ini.

Barcelona sudah memburu bek berusia 20 tahun itu sejak musim panas lalu. Garcia pun tak menyembunyikan keinginannya kembali ke klub yang dia tinggalkan pada 2017 lalu. Dia bahkan menolak perpanjangan kontrak di Manchester City agar bisa kembali ke Barca.

Akhir musim ini, kontrak Garcia di Manchester City berakhir. Itu sebabnya, dia sudah bisa melakukan negosiasi kontrak dengan klub lain, terutama Barcelona, bulan ini.