Pemainnya Cedera, Barcelona Malah Untung Rp350 Miliar

Pemainnya Cedera, Barcelona Malah Untung Rp350 Miliar

INILAH, Barcelona - Barcelona beruntung Philippe Coutinho mengalami cedera. Lho, kok bisa?

Dari sisi teknis, cedera lutut yang dialami gelandang Brasil itu memang kabar buruk bagi Barcelona dan Ronald Koeman. Pasalnya, klub tersebut harus kehilangan satu lagi gelandangnya.

Tapi, cedera Coutinho memberi keuntungan finansial bagi Barcelona. Sebagai bagian dari kesepakatan transfernya dari Liverpool pada 2018 lalu, Barcelona harus membayar tambahan nilai transfer senilai 20 juta euro atau sekitar Rp350 miliar jika Coutinho tampil 100 kali membela Barcelona.

Sejauh ini, Coutinho baru bermain di 90 pertandingan untuk Barcelona. Kini, dia harus absen dalam beberapa bulan setelah menjalani operasi lutut.

Pada awalnya, 100 penampilan itu dianggap sederhana bagi Coutinho. Tapi, selain karena pergormanya biasa-biasa saja, dia juga sempat dipinjamkan Barcelona selama semusim kepada Bayern Munchen.

Transfer Coutinho dari Liverpool membuat Barcelona harus menggelontorkan 120 juta euro ditambah ekstra 40 juta euro, tergantung pada persyaratan yang dissepakati. Dari angka eksta 40 juta euro itu, Barcelona hanya membayarkan 15 juta euro saja. Angka tersebut berasal dari sukses dua kali lolos ke Liga Champions senilai masing-masing 5 juta euro dan 5 juta euro lainnya untuk pencapaian penampilan 25 pertandingan.

Coutinho yang memiliki kontrak di Barcelona hingga 2023, diperkirakan baru akan pulih pada akhir April mendatang. Itu berarti, tak cukup banyak pertandingan tersisa baginya untuk mencapai 100 penampilan tersebut.

Bisa jadi pula, Barcelona akan membuatnya tak bisa mencapai penampilan ke-100 itu. Salah satunya, dengan menjualnya sebelum persyaratan tersebut terpenuhi.