Besok, Jabar Terima Vaksin Sinovac Tahap I

Besok, Jabar Terima Vaksin Sinovac Tahap I
istimewa

INILAH, Bandung-Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat bakal mulai menerima vaksin Sinovac dari Kementerian Kesehatan pada Selasa (5/1/2020). Untuk tahap pertama, Jabar akan menerima 38 ribu dosis vaksin. 

 

Diketahui, Kementerian Kesehatan secara resmi sudah melepas distribusi vaksin Sinovac, Minggu (3/1/2020). 

 

Ketua Harian Satgas Covid-19 Jawa Barat Daud Ahmad mengatakan dari 1,2 juta vaksin nasional, Jabar total mendapat alokasi sebanyak 97.080 vaksin. 

 

“Vaksin tahap pertama kurang lebih 38 ribu dosis untuk tenaga kesehatan, pengiriman rencananya tanggal 5 Januari,” ujar Daud, Senin (4/1/2021).

Daud menambahkan, setelah menerima distribusi vaksin Sinovac tahap pertama ini, selanjutnya pihaknya akan menerima sebanyak 58 ribu dosis vaksin untuk tahap kedua. 

 

“Tahap I 38.400 dosis, sementara untuk Tahap II 58.680 yang tanggal pengirimannya masih dikonfirmasi,” jelas dia. 

 

 

Adapun alur pengiriman, Daud memaparkan, setelah Dinkes Jabar menerima vaksin tersebut maka akan disalurkan kembali kepada Dinkes di Kabupaten Kota. Selanjutnya akan diberikan pada sejumlah fasilitas layanan kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit. 

 

“Kita di Satgas kan ada divisi logistik, kami siapkan gudang penyimpanan dan membantu Dinkes persiapan distribusi ke kabupaten/kota,” ujarnya.

 

Daud memastikan peran penyaluran vaksin tahap pertama tersebut ada di tangan Dinkes bukan satgas. Menurutnya dalam alur vaksinasi untuk tahap pertama ini mulai dari Kemenkes hingga fasilitas layanan kesehatan di kabupaten/kota. 

 

“Peran satgas hanya membantu karena distribusi vaksin yang membagikan Kemenkes,” katanya.

 

Sementara terkait jadwal vaksinasi tenaga kesehatan di tahap pertama ini Daud mengaku belum mendapatkan laporan. Menurutnya jadwal vaksinasi akan ditentukan oleh Dinkes Provinsi bersama kabupaten/kota.

 

 “Jadwalnya sudah (ada) di Dinkes,” katanya. (rianto nurdiansyah)