Lanjutan Liga 1 2020 Belum Bergulir, Robert Alberts Mulai Kecewa

Lanjutan Liga 1 2020 Belum Bergulir, Robert Alberts Mulai Kecewa
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts meluapkan kekecewaannya. Pasalnya hingga kini, Liga 1 2020 belum menemui kejelasan.

PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) masih belum memberikan pernyataan mengenai nasib kompetisi kasta tertinggi di Indonesia itu meski sempat mewacanakan akan melanjutkan pada awal Februari 2021 mendatang. 

Bahkan dalam kanal youtube Persib, pelatih asal Belanda ini memberikan tenggang waktu kepada PSSI maupun PT LIB untuk mengeluarkan keputusan soal nasib Liga 1 2020 pada 22 Desember 2020 lalu. 

Alasannya agar dalam satu pekan ke depan, pihaknya bisa mendatangkan para pemainnya. Terutama untuk para pemain yang berada di luar negeri.

Namun hingga saat ini, PSSI maupun PT LIB tak kunjung memberikan keputusannya mengenai nasib Liga 1 2020. Apakah dilanjutkan atau ditiadakan. 

"Ya, seperti yang saya pernah katakan, kecewa karena saya pikir kami sudah cukup diberikan waktu," ungkap Robert saat dihubungi, Senin (4/1/2021). 

Pelatih berusia 65 tahun ini memahami tidak mudah untuk bisa menggelar kompetisi di tengah pandemi Covid-19. Terbukti, penyelenggaraan Liga 1 2020 sudah beberapa kali mengalami pembatalan. 

"Seharusnya (Liga) sudah dimulai Juli lalu menjadi September, September menjadi Oktober dan setelah itu kami mendengar (akan digelar) pada Februari, tapi hingga sekarang belum juga ada klarifikasi. Jadi tentu saya kecewa," tuturnya. 

Mantan pelatih Arema FC dan PSM Makassar ini menilai ketiadaan kompetisi memiliki dampak yang besar. Terutama bagi perekonomian masyarakat. 

"Ini melibatkan kehidupan dari banyak orang dan saya pikir sudah banyak orang yang telah meninggalkan 'gua yang gelap' ini. Dan saya pikir ini tentu jadi sinyal yang buruk (karena sepak bola masih terpuruk). Kami layak mendapat yang lebih baik, untuk sepak bola Indonesia dan para suporternya," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)