20 Ribu Warga Garut Terpapar Covid-19?

20 Ribu Warga Garut Terpapar Covid-19?
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut- Saat ini, ada sekitar 20 ribu warga Kabupaten Garut terpapar Covid-19. Kebanyakan mereka tidak bergejala melainkan kontak erat dan sehat sendiri.

Hal itu dikemukakan Bupati Garut Rudy Gunawan saat memimpin Apel Gabungan di Lapang Apel Setda Garut Jalan Pembangunan Kecamatan Tarogong Kidul, Senin (4/1/2021).

Menurut Rudy, adanya sekitar 20 ribu warga Garut terpapar Covid-19 itu diperolehnya berdasarkan laporan dari Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Garut. 

"Banyak yang  tidak bergejala, tetapi kontak erat. Positif, tapi sehat sendiri. Ini hebatnya. Mungkin banyak sekarang yang berkeliaran. Kata Kabid P2P mungkin ada di Garut ini sekitar 20 ribu yang terkena positif. Tapi sekarang kan yang sudah positif, keluar masuk, keluar masuk, keluar masuk," ujar Rudy yang juga Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut itu. 

Penanganan Covid-19 di tahun 2021 sendiri, kata Rudy, tetap menjadi perhatian utama dan menjadi kewajiban Pemkab Garut. Apalagi persoalan tersebut sudah dibuatkan perencanaan dan penganggarannya. 

"Kita tetap melakukan langkah-langkah dalam rangka pelaksanaan tracking, tracing, dan sekarang ada treatment. Itu mengacu kepada peraturan Menteri Kesehatan. Sekarang, karena yang diperiksa itu yang bergejala," ujarnya.

Rudy menyebutkan, pihaknya juga akan menyiapkan langkah-langkah konkret menyiapkan pusat layanan kesehatan menghadapi vaksinasi Covid-19 yang akan segera dilaksanakan. Termasuk persiapan alat-alat dibutuhkan. 

Dia juga menyarankan Dinas Kesehatan Garut melakukan study banding ke Kota Depok yang sebelumnya telah melakukan simulasi vaksinasi.

Banyaknya warga Garut terpapar Covid-19 hingga mencapai 20 ribu orang seperti dikemukakan Rudy terbilang cukup mengejutkan. Jika hal itu benar maka jumlah warga Garut terpapar Covid-19 sebenarnya jauh lebih banyak dibandingkan data dipublikasi Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut selama ini. 

Pasalnya, berdasarkan data Sub Divisi Pencegahan Satas Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut, hingga 3 Januari 2021, total jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut mencapai sebanyak 4.048 kasus tersebar di 42 kecamatan seluruh Kabupaten Garut. Sebanyak 113 kasus di antaranya meninggal dunia, sebanyak 2.430 kasus dinyatakan sembuh, dan sebanyak 1.503 kasus dalam isolasi perawatan dan isolasi mandiri.

Kecuali jika kasus positif Covid-19 dihitung berikut kasus kontak erat, suspek dan probable maka jumlah keseluruhan kasus Covid-19 di Kabupaten Garut mencapai sebanyak 25.809 kasus dengan kematian sebanyak 158 kasus. Rinciannya, sebanyak 4.080 kasus positif dengan 113 kematian, sebanyak 17.075 kasus kontak erat, 4.685 kasus suspek dengan 38 kematian, dan satu kasus probable meninggal dunia.(zainulmukhtar)