Nyoblos di Luar Daerah, Bawa Form A5 dan KTP

Nyoblos di Luar Daerah, Bawa Form A5 dan KTP
INILAH, Garut – Pemilih masih dapat mencoblos di luar daerah pada Pemilu 2019 selama mengantongi formulir A5 atau formulir pindah memilih. Namun hak warga tersebut dapat berkurang, di antaranya kehilangan hak memilih calon anggota legislatif atau calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).
 
"Resiko pemilih yang mencoblos di luar daerah tempatnya terdaftar sebagai pemilih, baik alasan kerja, belajar, atau lainnya, yaitu hak pilih yang lain akan berkurang," kata Ketua KPU Kabupaten Garut Junaidin Basri kepada wartawan, Selasa (19/2/2019).
 
Menurut Junaidin, berkurangnya hak itu bergantung kepindahan dari daerah pemilihan (dapil) yang satu ke daerah pemilihan lainnya masih dalam satu kabupaten/kota, atau antarkabupaten/kota, antarprovinsi, atau antarnegara.
 
“Hanya satu hak pilih dapat dipastikan masih dimiliki ketika pemilih memutuskan menyalurkan suaranya di luar daerah tempatnya terdaftar sebagai pemilih, yakni pilpres. Sedangkan yang lainnya bergantung status dapil bermigrasi,” jelasnya.
 
Dia mencontohkan, seorang pemilih A terdaftar sebagai pemilih di Dapil 1 Garut, tapi memutuskan mencoblos di Bali. Maka yang bersangkutan mesti mengantongi formulir A5 untuk bisa mencoblos pada 17 April nanti.
 
“Tapi dia hanya bisa mencoblos untuk pilpres. Sedangkan untuk memilih anggota dewan atau DPD, tidak bisa karena dapil tercatat sebagai pemilih berbeda, baik kabupaten/kota maupun provinsi,” ujarnya.
 
Dia menyebutkan, untuk mendapatkan formulir A5, pemilih warga Garut harus menyiapkan bukti identitas kependudukan KTP dan datang ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa/kelurahan. Juga datang langsung ke KPU Garut di Jalan Suherman Tarogong Kaler Garut. Selanjutnya yang bersangkutan mesti mengisi formulis A5 yang disediakan supaya petugas dapat memasukkan namanya dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Pemilu 2019.
 
“Pendaftaran pengajuan formulir A5 tersebut paling lambat dilakukan per 18 Maret 2019,” ungkapnya.
 
Kemudian, pada hari pencoblosan suara, pemilih bersangkutan mesti membawa serta formulir A5 yang telah diisinya dan menunjukkan KTP kepada petugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS), mulai pukul 07.00 WIB hingga 13.00 WIB.