Erick Imbau Kepala Daerah Jaga Kualitas Vaksin untuk Vaksinasi Covid-19

Erick Imbau Kepala Daerah Jaga Kualitas Vaksin untuk Vaksinasi Covid-19

INILAH, Jakarta- Menteri BUMN sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir mengimbau agar seluruh kepala daerah untuk menjaga penyimpanan vaksin tetap berada di suhu 2-8 derajat celsius demi menjaga kualitas vaksin untuk program vaksinasi COVID-19.

"Saya memohon dengan hormat kepada para pimpinan daerah, karena vaksin ini harus disimpan di suhu antara 2-8 derajat maka jangan sampai ada kegagalan di penyimpanannya," ujar Erick Thohir dalam konferensi pers di Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/1/2021).

Menurut Erick Thohir, kalau vaksin tersebut tidak disimpan di suhu yang telah ditentukan maka vaksin yang akan diberikan untuk program vaksinasi kualitasnya sudah tidak sesuai.

"Alhamdulillah juga saya barusan diberikan kesempatan untuk mengecek langsung vaksin yang sudah ada di Bio Farma, tempat penyimpanan atau storage-nya jelas di mana terdapat 10 storage dengan suhu 2-8 derajat," kata Erick Thohir.

Masing-masing storage bisa menampung 8 juta vaksin, katanya, jadi kalau 10 storage berarti 80 juta vaksin.

"Bahkan juga terdapat empat storage dengan suhu -20 derajat, ini tentu untuk vaksin jenis lainnya," kata Erick Thohir.

Sebelumnya PT Biofarma mulai mendistribusikan tiga juta dosis vaksin COVID-19 buatan Sinovac ke 34 provinsi di Indonesia untuk persiapan pelaksanaan program vaksinasi tahap pertama.

Juru Bicara Vaksin COVID-19 Biofarma Bambang Herianto dalam keterangan pers secara daring yang dipantau di Jakarta, Minggu, memastikan pendistribusian tiga juta dosis vaksin dilakukan hari ini sebagaimana pernyataan yang disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bahwa vaksin akan didistribusikan sebelum masyarakat mulai kembali bekerja.

Ia menerangkan proses distribusi vaksin tidak hanya dilakukan oleh Biofarma melainkan melibatkan banyak pihak termasuk provinsi, kabupaten-kota, dan puskesmas.

Bambang memastikan bahwa tiap sarana prasarana rantai dingin yang disiapkan telah memenuhi standar spesifikasi vaksin yaitu pada rentang suhu 2- 8 derajat celcius guna menjamin kualitas dan mutu vaksin yang diterima masyarakat.