Jabar Kebagian Cuan, DPRD Pastikan Pemprov Dukung Penuh Pelabuhan Patimban

Jabar Kebagian Cuan, DPRD Pastikan Pemprov Dukung Penuh Pelabuhan Patimban

INILAH, Bandung – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi optimistis Pelabuhan Internasional Patimban di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, mampu mengalahkan pelabuhan di Shanghai, China dan Singapura dalam sektor jasa pengiriman.

Guna mewujudkannya, Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jabar Daddy Rohanady mengatakan, pihaknya dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) pasti akan mendukung penuh penyelesaian mega proyek Pelabuhan Internasional Patimban, di Kabupaten Subang. Salah satunya dengan memberikan fasilitas akses jalan menuju Patimban, agar operasional pelabuhan lebih maksimal.

“Berhubung Pelabuhan Patimban ini merupakan otoritas pusat dibawah Kementerian Perhubungan, yang bisa kita lakukan adalah memberikan fasilitas akses jalan. Saat ini baik Pemprov maupun pemerintah daerah Kabupaten Subang, tengah gencar melakukan pengembangan jalan dari dan menuju Patimban. Kami pastikan, Pemprov mendukung penuh akan hal itu untuk percepatan penyelesaian Patimban," ujar Daddy kepada INILAH, Kamis (7/1/2021).

Sebab kata dia, dengan berjalannya Pelabuhan Patimban bisa dipastikan Pemprov dan Kabupaten Subang akan kebagian hasil dari pajak. Tentu saja kata Daddy akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), yang nantinya bisa diperuntukkan pembangunan daerah secara lebih merata.

“Apalagi Patimban ini menjadi pelabuhan utama untuk ekspor dan impor. Kita akan mendapatkan pembagian dari hasil pajaknya, karena ada undang-undang yang mengatur itu. Maka dari itu, kami mendorong sepenuhnya karena dapat menambah PAD kita,” ucapnya. (Yuliantono)