Rudy Gunawan Ajak Masyarakat Ikut Vaksinasi Covid-19 

Rudy Gunawan Ajak Masyarakat Ikut Vaksinasi Covid-19 
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut - Bupati Garut Rudy Gunawan mengajak masyarakat agar jangan ragu mengikuti vaksinasi Covid-19 untuk bisa menyetop penularan Covid-19 dan menurunkan angkat kematian akibat Covid-19 serta sekaligus agar masyarakat dapat kembali beraktivitas secara normal seperti sebelum pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Rudy saat menghadiri Simulasi Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Pembangunan Jalan Pembangunan Kecamatan Tarogong Kidul, Jumat (8/1/2021).

Untuk itu, Rudy meminta warga yang sudah ditentukan sesuai ketentuan berlaku agar mendatangi pusat pelayanan kesehatan masyarakat untuk divaksin. 

Namun begitu, dia juga mengingatkan, kendati nantinya vaksinasi Covid-19 sudah dilaksanakan, masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk dapat menghentikan penyebaran Covid-19.

"Tentu kita tetap melakukan upaya-upaya melaksanakan protokol kesehatan, meski kita sudah divaksin. Vaksinasi adalah salah satu solusi yang bisa menjadikan kita sehat lahir dan batin," ujar Rudy yang juga Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut. 

Ihwal simulasi vaksinasi Covid-19, Rudy menyebutkan itu dilakukan agar pada saatnya dilaksanakan vaksinasi dapat berjalan lancar sesuai prosedur ditetapkan Kementerian Kesehatan. 

Senada dikemukakan Wabup Helmi Budiman. Dia meminta semua pihak mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 agar masa pandemi Covid-19 segera berakhir.

"Kita harus yakin, bagaimana kita bisa kita sehat dan tentu pandemi ini akan segera berlalu. Mohon dukungan dari semua pihak agar vaksinasi ini bisa berjalan dengan lancar," harapnya.

Dengan dilakukannya Simulasi Vaksinasi Covid-19, Kepala Puskesmas Pembangunan Nurhayati berharap alur pelayanan yang telah dibuat dalam simulasi tersebut nantinya dapat menjadi acuan bagi fasilitas kesehatan lain dalam melaksanakan pemberian vaksin Covid-19 bagi masyarakat Garut.

Dia menuturkan, alur pelayanan pemberian vaksin Covid-19 tersebut, pertama, calon penerima vaksin Covid-19 telah melakukan registrasi ulang datang tepat waktu dan sesuai jadwal. Kedua, calon penerima vaksin Covid-19 menuju meja pendaftaran dan verifikasi). Ketiga, mereka menunjukkan e-tiket dan bukti identitas lainnya untuk dilakukan verifikasi. Jika identitas sudah terverifikasi, calon penerima vaksin melanjutkan ke meja untuk skrining).

Keempat, petugas kesehatan melakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi penyakit penyerta atau komorbid. Jika penerima vaksin sehat, vaksinasi dapat dilanjutkan. Kelima, calon penerima vaksin menuju ke meja vaksinasi. Calon penerima vaksin diberikan vaksin Covid-19 secara aman. Keenam, setelah dilakukan vaksinasi, penerima vaksin Covid-19 menuju ke meja pencatatan dan observasi. Petugas akan mencatat hasil pelayanan vaksinasi. 

Ketujuh, penerima vaksin akan diobservasi selamat 30 menit untuk memonitor kemungkinan terdapat kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). Terakhir, penerima vaksin akan menerima kartu vaksinasi. (Zainulmukhtar)