Inilah Janji Allah untuk Mereka yang Sedang Dirundung Duka

Inilah Janji Allah untuk Mereka yang Sedang Dirundung Duka
Sri Lungdiyanti (70) menangis saat mengingat anaknya Panca Widia Nursanti (46) yang merupakan salah satu penumpang pesawat Sriwijaya Air Sj 182 di rumahnya Desa Surokidul, Pagerbarang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu (10/1/2021). (Antara Foto)

KITA hanya bisa menyampaikan duka mendalam dan mendoakan bagi keluarga dan korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak yang jatuh pada akhir pekan lalu. Dan untuk mereka yang sedang berduka, ingatlah hikmah dari Allah Ta'ala itu begitu berharga.

Dari Abu Said dan Abu Hurairah Radliyallahu 'anhuma bahwa Nabi Shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Tidaklah seorang muslim tertimpa kepayahan, penyakit, keguncangan, kedukaan, maupun kesulitan, bahkan sampai duri yang menusuknya, melainkan dengannya Allah akan menghapuskan kesalahan-kesalahannya". (Mutatafaq alaih)

Semoga para keluarga yang ditinggalkan para korban meninggal dari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air bisa diberikan kesabaran oleh Allah Ta'ala dalam menghadapi ujian ini. Ingatlah, hanya orang sabar yang bisa memetik hikmah. Dan jangan lupakan pula, sabar menjalani musibah adalah perintah Allah Ta'ala. Ganjarannya tak main-main. Dosa-dosa akan berguguran.

Dari Abdullah bin Masud radliyallhu anhuma, Rasulullah shalallaahu alaihi wasallam bersabda, "Tidaklah seorang Muslim tertimba suatu penyakit atau sejenisnya, melainkan Allah akan menggugurkan dosa-dosanya bersamanya, seperti pohon yang menggugurkan daun-daunnya". (Muttafaq alaihi)

Sedangkan Imam Ahmad dan Ibnu Hibban meriwayatkan, dari Abu Said al Khudri radliyallahu anhu, ia menuturkan, "Ada seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah shalallahu alahi wasallam, Beritahukan kepadaku tentang penyakit-penyakit yang menimpa kami ini, apa yang akan kami peroleh karenanya?. Beliau shallallaahu alaihi wasallam menjawab, Pengampunan dosa-dosa. Ubay bin Kaab berkata,Sekalipun penyakit itu sedikit?. Beliau shalallahu alaihi wasallam bersabda lagi, Sekalipun sebuah duri dan yang lebih kecil lagi...".

Dari ibunda kaum mukminin, Aisyah radliyallahu anha, bahwa Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam bersabda, "Tidaklah seorang Muslim tertusuk duri atau yang lebih dari itu, melainkan ditetapkan baginya dengan sebab itu, satu derajat dan dihapuskan pula satu kesalahan darinya". (HR. Muslim)

Sekali lagi, kita hanya bisa menyampaikan duka yang mendalam dan doa yang terdalam untuk mereka yang sedang berduka. Semoga mereka bersabar, semoga dosa-dosa mereka berguguran.