Wasit Oliver: Pelanggaran terhadap Van Dijk Memang Berlebihan

Wasit Oliver: Pelanggaran terhadap Van Dijk Memang Berlebihan

INILAH, Jakarta- Wasit Liga Premier Michael Oliver mengakui bahwa dia telah membuat kesalahan tidak memberikan kartu merah kepada penjaga gawang Everton Jordan Pickford atas tekel berlebihannya kepada bek Liverpool Virgil van Dijk dalam derbi Merseyside, Oktober tahun lalu.

Van Dijk mengalami cedera jaringan ikat sendi depannya saat seri 2-2 itu sehingga harus menjalani operasi lutut namun pelanggaran Pickford itu tak membuatnya dihukum oleh Oliver dan ofisial VAR.

VAR menilai bek Liverpool itu sudah dalam posisi offside sehingga tak pantas dihadiahi penalti, namun Oliver mengakui bahwa Pickford beruntung bisa terus bermain.

"Pikiran awalnya adalah 'ini bukan penalti karena sudah offside, jadi pertamanya kami memeriksanya untuk offside itu," kata dia kepada Daily Mail.

"Saya kira saya sudah bilang ke VAR, jika ini bukan offside, saya akan berikan penalti.' Saya sudah menyaksikan ulang laga itu berkali-kali. Saya tak menganggap Pickford telah melakukan hal selain menyelamatkan bola tapi dia melakukannya dengan cara yang salah seperti diperlihatkan dari cedera itu."

Dia kemudian mengaku, "Kami tetap bisa memberikan keputusan offside dan mengusir Pickford."

Namun Olver keheranan karena tidak ada seorang pun pemain Liverpool yang memohon agar dikeluarkan kartu merah untuk kiper Everton itu.

"Kami harusnya melanjutkan laga dengan keputusan offside seperti sudah kami tempuh, tetapi dengan hukuman yang berbeda untuk Jordan Pickford," pungkas dia.