Ingat...PPKM Jawa Barat Bisa Lebih dari Dua Minggu

Ingat...PPKM Jawa Barat Bisa Lebih dari Dua Minggu

INILAH, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa Barat bisa lebih dari dua pekan. Itu jika masyarakat tidak bisa mematuhi kedisiplinan melaksanakan protokol kesehatan. 

Emil, sapaan akrabnya, mengimbau masyarakat agar taat selama 14 hari ke depan agar PPKM tidak diperpanjang. "Saya memberikan pesan agar semua taat selama 14 hari, supaya kita bisa kembali lebih longgar. Tapi 14 hari tidak disiplin, bukan tidak mungkin PPKM bisa ditambah," ujarnya di Bandung,Senin (11/1/2021).

Gubernur Jawa Barat itu memberikan contoh pada salah satu lokasi wisata waterboom di Cikarang. Di mana malah memberikan diskon kepada pengunjung hingga otomatis kapasitas menjadi berjubel. 

"Kita hukum, kita tutup. Mudah-mudahan ketegasan bisa menjadi pelajaran kepada pemilik usaha," tegas dia. 

Emil menyampaikan, pembatasan kegiatan masyarakat memang tidak membuat nyaman beberapa kalangan.  Lantaran, dapat mempengaruhi ekonomi. "Tapi dalam situasi darurat kesehatan harus dipemaklumkan," katanya.

Karena itu, dia mengimbau setia daerah wisata agar menunukan komitmen dengan membatasi kapasitas kunjungan. Khususnya pada akhir pekan yanh biasanya kian meningkat. 

"Saya menitipkan ke Kapolda menginspeksi pergerakan menuju daerah wisata seperti di Puncak, menunjukan surat negatif Covid-19 antigen," jelas dia. 

Selain itu, pihaknya juga sudah memberikan arahan membangun posko yang terlihat dan sifatnya internal untuk tempat koordinasi selama 14 hari selama PPKM. (rianto nurdiansyah/ridwan abdul malik)