Program Vaksinasi Covid-19 di Kota Bandung Dimulai Besok

Program Vaksinasi Covid-19 di Kota Bandung Dimulai Besok
istimewa

INILAH, Bandung - Pemkot Bandung siap memulai program vaksinasi Covid-19. Pada tahap awal, vaksinasi akan dilaksanakan di RSKIA Kota Bandung, Kamis (14/1/2021) besok. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan, vaksinasi di Kota Bandung merupakan tindak lanjut ditetapkannya Covid-19 sebagai bencana non alam.

"Negara menganggap perlu adanya intervensi lain, selain protokol kesehatan agar masyarakat lebih terlindungi dari wabah Covid 19. Salah satunya yaitu vaksinasi Covid-19," kata Ahyani di Balai Kota Bandung, Rabu (13/1/2021).

Menurutnya, tujuan vaksinasi Covid-19 bagi seluruh rakyat Indonesia adalah untuk membentuk kekebalan kelompok dan menurunkan kesakitan dan kematian akibat Covid-19.

"Termasuk juga melindungi dan memperkuat sistem Kesehatan secara menyeluruh serta menjaga produktivitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi," ucapnya. 

Sebagai tahap awal, orang-orang yang bakal menerima vaksin Covid-19 yakni tenaga kesehatan (nakes) dan penunjang di fasilitas pelayanan kesehatan.

Lalu, para pelayan publik yang rentan tertular. Di antaranya anggota TNI, Polri, Satpol PP, petugas bandara, pelabuhan, kerata api, guru, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

"Selanjutnya masyarakat rentan geopasial, pelaku sosial dan ekonomi dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin, termasuk lansia dengan komorbid terkontrol," ujar dia. 

Ahyani mengatakan, Kota Bandung telah mempersiapkan 191 fasilitas kesehatan untuk pelayanan vaksinasi pada H-1, termasuk pendistribusian vaksin di Dinkes Kota Bandung. 

"Hingga saat ini sudah siap 449 vaksinator yang telah terlatih, dan logistik juga siap. Namun, walau sudah mendapat suntikan vaksin virus corona, protokol kesehatan 3M harus tetap dilakukan," tandasnya. (Yogo Triastopo)