Ridwan Kamil Upayakan Jabar Lahirkan Terus Hafidz Qur'an

Ridwan Kamil Upayakan Jabar Lahirkan Terus Hafidz Qur'an
istimewa

INILAH, Bandung-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berjanji akan terus berupaya agar Jabar melahirkan para hafid'z Qur'an. Hal ini juga untuk melanjutkan perjuangan Syekh Ali Jaber yang telah berpulang, Kamis (14/1/2021). 

 

Ridwan Kamil menyampaikan ucapan duka citanya menyusul kabar berpulangnya salah satu ulama dan panutan umat Islam tersebut. 

 

"Insya allah akan kami teruskan di Jawa Barat," ujar Ridwan Kamil, Kamis (14/1/2021).

 

Menurut Emil -sapaan Ridwan Kamil- mengaku, Syekh Ali Jabar telah menginspirasi Pemprov Jabar. Khususnya dalam melahirkan program Satu Desa Satu Hafidz Qur'an.

 

"Dan sekarang sudah lebih dari 2.000 desa di Jabar punya penghapal Al-Qur'an berdasarkan inspirasi beliau," katanya. 

 

Emil mendoakan agar Syekh Ali Jaber  husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran. Secara pribadi, dia memandang almarhum sebagai guru sekaligus ulama yang sangat lembut hatinya, termasuk dalam menyampaikan dakwahnya.

 

"Syekh Ali Jaber adalah guru kita semua, ulama kita semua yang sangat lembut hati, dakwahnya juga," ungkapnya.

 

Emil mengaku mengenal dekat sosok hafidz Al-Qur'an itu. Bahkan, berkali-kali dirinya sempat bertemu langsung dengan ulama kelahiran Madinah, 1976 itu.

 

"Terakhir (bertemu di) IG (Instagram) live membahas bagaimana akhlak almarhum menghadapi orang orang yang dzalim atau orang orang yang bertindak sebagaimana mestinya," katanya.

 

Menurut dia, dirinya mendapatkan pelajaran berharga dari Syekh Ali Jaber, yakni bahwa akhlak lebih penting dibandingkan ilmu. Tanpa akhlak, kata Kang Emil, sepintar apapun seseorang tidak akan berarti.

 

"Mudah-mudahan beliau menjadi inspirasi bagi kita semua bahwa akhlak lebih penting dibandingkan ilmu. Akhlak harus didahulukan dibandingkan ilmu, itu pelajaran yang saya ambil dari almarhum," ungkapnya. (riantonurdiansyah)