Orang Bodoh itu Kaya tapi Tak Manfaatkan Harta dengan Benar

Orang Bodoh itu Kaya tapi Tak Manfaatkan Harta dengan Benar
Ilustrasi/Net

ALLAH perintahkan agar kita membantu orang yang membutuhkan harta, terutama budak yang ingin merdeka. Allah berfirman, "Berikanlah kepada mereka harta Allah yang telah Allah berikan kepada kalian." (QS. an-Nur: 33).

Allah menyebut harta dalam ayat di atas dengan mal Allah (harta Allah). Agar kita memahami bahwa harta itu amanah yang diberikan Allah kepada kita, sehingga jangan sampai harta itu disia-siakan.

Orang bodoh menurut al-Quran mereka yang tidak bisa menggunakan harta dengan benar. Allah melarang kita memberikan harta kepada orang bodoh, meskipun itu miliknya. Sehingga bagi orang bodoh, harta itu harus ada yang menjaganya. Allah berfirman,

"Janganlah kamu serahkan kepada orang-orang bodoh, harta (mereka yang ada dalam kekuasaanmu) yang dijadikan Allah sebagai pokok kehidupan. Berilah mereka belanja dan pakaian (dari hasil harta itu)." (QS. an-Nisa: 5)

Disebut sufaha (bodoh) karena belum sempurna akalnya. Mereka adalah orang yang tidak bisa menggunakan harta dengan benar. Sehingga orang kaya yang tidak bisa menggunakan harta dengan benar, dia termasuk kategori bodoh menurut al-Quran.