28 Korban Longsor di Talegong Terima Bantuan Rumah

28 Korban Longsor di Talegong Terima Bantuan Rumah
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut - Setelah sekitar setahun melakukan penantian, akhirnya sebanyak 28 kepala keluarga (kk) korban bencana longsor di Kecamatan Talegong pada awal 2021 semringah mendapatkan rumah baru bantuan Pemkab Garut.

Kini, mereka tak perlu lagi tinggal di pengungsian maupun menempati rumah tinggal lama yang terus dihantui potensi ancaman longsor susulan. 

Penyerahan rumah bantuan laik huni bagi para korban longsor tersebut dilakukan langsung Bupati Garut Rudy Gunawan di Desa Sukamaju Kecamatan Talegong, Rabu (13/1/2021).

Menurut Rudy, areal semula menjadi tempat tinggal warga selanjutnya akan dihijaukan menjadi hutan.

“Jadi rumah Bapak yang di sana itu kondisinya sudah tidak memungkinkan lagi. Itu kita mau hutankan. Bapak silakan pindah ke sini, mulai hari ini, saya serahkan. Nanti, kalau ada kurang-kurang apapun, bapak silakan lapor,” kata Rudy saat penyerahan bantuan rumah kepada sejumlah warga penerima.

Untuk penyiapan perumahan bagi para korban longsor tersebut, tutur Rudy, Pemkab Garut mengalokasikan anggaran sekitar Rp1,2 miliar. Selain rumah, di sana juga didirikan masjid. (Zainulmukhtar)