Robert Alberts Menilai Liga 1 Terlalu Cepat Apabila Digelar Maret

Robert Alberts Menilai Liga 1 Terlalu Cepat Apabila Digelar Maret
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts tanggapi mengenai usulan yang dikeluarkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengenai Liga 1. Operator Liga itu berencana untuk menggelar kompetisi pada Maret 2021. 

Menurut Robert, usulan untuk menggelar kompetisi pada Maret dinilai terlalu cepat. Sebab seluruh tim peserta memerlukan waktu untuk melakukan persiapan. 

Bahkan beberapa tim di antaranya memerlukan pemain baru, terutama pemain asing. Pasalnya sebagian besar kehilangan pemain akibat penundaan kompetisi di Indonesia yang cukup panjang. 

"Jika setiap klub belum mulai berlatih dan banyak klub masih mencari pemain asing baru, kami berbicara soal kualitas Liga dan antusiasme untuk suporter dan standar dari sepak bola Indonesia dalam platform yang lebih besar," kata Robert saat dihubungi, Senin (18/1/2021). 

Terbukti, pada musim 2017 lalu, Liga Indonesia mulai dipandang banyak negara setelah Persib Bandung mendatangkan pemain top Eropa, Michael Essien. 

"Jadi saya pikir bulan Maret terlalu cepat, karena klub belum berlatih, belum melakukan persiapan, pemain tidak bermain selama satu tahun," tuturnya.

Pelatih asal Belanda ini menilai normalnya pemain mendapatkan jatah libur selama 6-8 pekan. Setelah itu, pemain melakukan latihan pramusim yang berjalan 6-8 pekan juga. 

"Tapi sekarang kami tidak bermain selama satu tahun. Dan jangan lupakan juga sulitnya berlatih di Indonesia dengan situasi seperti saat ini karena Covid. Tidak mudah menggelar uji coba atau latih tanding. Jadi jika ada masukan Liga bergulir Maret, saya rasa itu terlalu cepat," tegasnya. (Muhammad Ginanjar)