Robert Alberts Sarankan Gelar Turnamen Sebelum Memulai Liga

Robert Alberts Sarankan Gelar Turnamen Sebelum Memulai Liga
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memberikan saran kepada PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menggelar turnamen sebelum menjalankan Liga 1. 

Menurutnya, turnamen itu bisa menjadi pemanasan bagi para klub sebelum memulai kompetisi. Sebab sudah sejak Maret 2020 lalu, kompetisi terhenti akibat pandemi Covid-19. 

"Saya pikir saat ini, dengan kondisi adanya mutasi baru dari Covid dan masih belum jelasnya soal vaksin, saya lebih menyarankan untuk memulai dengan semacam turnamen," ujar Robert saat dihubungi, Selasa (19/1/2021).

Pelatih asal Belanda ini menyarankan agar PSSI maupun PT LIB menggelar turnamen pada akhir Maret atau April mendatang. Sehingga para klub memiliki waktu untuk mempersiapkan para pemainnya. 

"Bukan Liga, tapi turnamen. Klub jadi bisa bersiap, klub bisa mulai mencari pemain asing karena seperti diketahui sulit melakukan penerbangan dari luar negeri karena adanya regulasi lockdown dari beberapa negara dan kebijakan karantina ketika memasuki suatu negara," katanya. 

Dengan turnamen ini, lanjutnya, para klub bisa memulai kembali latihan dan bisa memulai bermain kembali sebagai masa persiapan menghadapi kompetisi yang sebenarnya. 

"Jika melihat Agustus, saat itu kita sudah tahu hasil dari vaksin dan bagaimana penanganan Covid bukan cuma di Indonesia tapi di dunia dan jika Indonesia bisa mengikuti jalannya musim seperti di Eropa saya rasa akan ada banyak kemudahan untuk Indonesia," tuturnya. 

Pelatih berusia 65 tahun ini memahami Eropa memiliki iklim yang berbeda dengan Indonesia. Pada bulan November, Desember, Januari hingga Februari terdapat musim dingin. 

"Empat bulan musim dingin di sepak bola yang mungkin menghentikan kompetisi karena kondisi musim dingin. Tapi di Indonesia kami tidak punya itu meski tentunya ada musim hujan," katanya.

Meski musim hujan, Robert memastikan kompetisi di Indonesia akan tetap berjalan. Sehingga ketika Indonesia mengikuti sistem periode di Eropa, maka keuntungan akan didapatkan. 

"Karena akan bekerja di waktu transfer window yang sama dengan Eropa dan lebih mudah menyesuaikan dengan kalender FIFA seperti turnamen besar, karena kami mengikuti sistem yang sama," bebernya.

Karena itu, Robert menyarankan agar PSSI maupun PT LIB menggelar turnamen lebih dulu sebelum memutuskan untuk melanjutkan Liga. Paling tidak, pada akhir Maret atau awal April dan berakhir pada Juni atau Juli. 

"Setelah itu klub bisa bergerak lagi seperti mulai mengontrak pemain termasuk pemain asing dengan kualitas yang bagus dan kami bisa fokus serta menyiapkan pramusim yang bagus supaya bisa kembali bermain di Liga pada Agustus 2021," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)