40 Kecamatan Zona Merah Covid-19, Masyarakat Diminta Patuhi Prokes

40 Kecamatan Zona Merah Covid-19, Masyarakat Diminta Patuhi Prokes
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Sebanyak 40 kecamatan di Bumi Tegar Beriman berstatus zona merah penyebaran Covid-19. Bupati Bogor Ade Yasin pun meminta semua masyarakatnya untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

"Senin malam, laporan Satgas Penangganan Covid-19 seluruh kecamatan masuk ke dalam zona merah penyebaran wabah Covid-19. Masyarakat saya minta mematuhi Prokes Covid-19 dan membiasakan hidup bersih," ucap Ade, Selasa (19/1/2021).

Dia menerangkan, tren penyebaran wabah Covid-19 di wilayahnya terus meningkat sejak Bulan Januari, dimana rata-rata perharinya di atas 90 kasus.

"Dulu di awal pandemi, kasus penyebaran wabah Covid-19 berada di 30 kasus per hari, lalu naik menjadi 60 hingga di awal 2021 ini berada di angka 90 kasus. Senin malam kemarin terjadi 97 kasus penyebaran wabah Covid-19," terangnya.

Ade menuturkan, saat ini sudah terjadi 6.753 kasus penyebaran wabah Covid 19,  dimana 5.573 pasien Covid-19 telah sembuh, 895 pasien masih menjalani perawatan, 6 orang telah pindah domisili dan 79 orang telah meninggal dunia.

"Hari ini memang ada 137 pasien yang telah sembuh dan tidak ada kasus kematian pasien, namun pemerintah daerah berkeinginan tidak ada lagi warga Kabupaten Bogor yang terpapar wabah Covid-19," tutur Ade.

Semetara itu, Juru bicara Satgas Penangganan Covid-19 Kabupaten Bogor Irwan Purnawan menjelaskan walaupun di 40 kecamatan masuk ke dalam zona merah namun data di Pemprov Jawa Barat maupun pemerintah pusat, Kabupaten Bogor masuk ke dalam zona kuning.

"Zona merah perkecamatan di Kabupaten Bogor itu karena memang ada kasus penyebaran wabah Covid-19, namun dibanding jumlah penduduk sekitar 6 juta jiwa, jumlah pasien Covid-19 yang mencapai 895 kasus itu  tidak sampai 1 persen hingga Kabupaten Bogor di mata Pemprov Jawa Barat maupun pemerintah pusat masuk ke dalam zona kuning," jelas Irwan.

Dia optimistis, besok atau lusa kecamatan di Kabupaten Bogor bisa berstatus zona kuning atau hijau. Hal itu karena tingkat kesembuhan pasien Covid-19 juga tinggi dimana kemarin ada 137 pasien Covid-19 yang sembuh.

"Meski demikian, masyarakat tidak boleh lengah dalam berdisiplin dalam melaksanakan Prokes Covid-19," tukasnya. (Reza Zurifwan)