Ketahui Peluang Karier dari 4 Jurusan Kuliah Ini

Ketahui Peluang Karier dari 4 Jurusan Kuliah Ini
istimewa

Memilih jurusan kuliah bagi setiap orang tentu memiliki kriterianya masing-masing. Mulai dari mengikuti minat dan bakat, riwayat akademis, hingga demi mengejar karir impian menjadi beberapa faktor yang biasa mempengaruhi seseorang dalam memilih jurusan.

Karenanya, bagi yang ingin berfokus mengejar karir, sebaiknya pastikan dulu proyeksi maupun peluang kerja di masa kelulusan kelak. Sebab, kebutuhan di dunia kerja pun dapat berubah dengan cepat. Dengan mengetahui peluang karir, setidaknya bisa mengambil langkah lebih terarah selama proses kuliah. Lalu, apa saja peluang karir dari jurusan kuliah yang trend saat ini? Berikut ulasannya yang dikutip dari berbagai sumber.
1. Jurusan Digital Marketing
Di era serba digital, kegiatan pemasaran pun turut beralih. Meski tak sepenuhnya beralih ke platform digital, marketing melalui digital dirasa lebih terukur serta efektif. Berangkat dari kondisi tersebut, beragam posisi baru pun dibutuhkan di sebagian besar perusahaan yang ada.

Untuk mengisi peluang tersebut, pelajari dulu seluk-beluknya dengan berkuliah di jurusan digital marketing. Selain dapat mempelajari dasar marketing, akan lebih terlatih dalam pemecahan masalah. Tentunya, ada banyak peluang karir yang nantinya bisa dipilih seperti product manager, market researches, digital marketers, dan masih banyak lagi.

2. Jurusan Sistem Informasi
Khusus yang menyukai algoritma dan matematika, jurusan sistem informasi tentu dapat menjadi pilihan yang tepat. Kemajuan teknologi lagi-lagi membuka semakin banyak peluang bagi lulusan sistem informasi. Selain ahli dalam hal teknis teknologi, lulusan SI pun diharapkan memahami struktur maupun tujuan sebuah organisasi agar mampu mendukung pengembangan sistemnya sendiri.

Beberapa peluang kerja yang dapat dipilih oleh lulusan sistem informasi adalah system developer/ analyst, big data scientist/ analyst, information systems auditor, maupun consultant. Tentunya, masing-masing peluang tersebut dapat dikejar selama kamu memiliki bekal cukup saat di bangku kuliah.

3. Jurusan Desain Komunikasi Visual
Bagi yang kerap menghabiskan waktu berjam-jam berkelana di dunia maya ataupun sosial media. Siapa sangka, di balik itu semua ada peran seniman digital yang membuat karya-karya tersebut. Ya, dibalik berbagai visual yang disaksikan nyatanya tersimpan makna atau komunikasinya tersendiri. Jika tertarik,pelajari ilmunya di jurusan desain komunikasi visual.

Jurusan ini akan membuat keahlian dalam merancang website, editing maupun produksi, membuat animasi dan ilustrasi, hingga banyak lagi. Karir yang menanti di antaranya web developers, digital artist, animators, audio/video technicians, dan sebagainya.

4. Jurusan Kewirausahaan
Di zaman sekarang, membuka usaha nyatanya tidak dapat dianggap remeh. Ada banyak hal yang perlu dilakukan selain hanya "berjualan". Untuk itu, tak ada salahnya menimba ilmu kewirausahaan lebih dulu di jenjang kuliah.

Berbagai hal tersebut tentu akan membawa pengaruh besar terhadap sebuah bisnis. Jika masih ragu untuk memulai bisnis mandiri, peluang karir sebagai business manager, investment manager, maupun business intelligent analyst sudah menanti.

Dari ulasan di atas, sudah ketahuan apa saja jurusan yang menarik dan menjadi pertimbangan. Kini, seluruh jurusan tersebut bisa hadir di Sampoerna University, salah satu universitas internasional di Indonesia. Selain menawarkan berbagai program belajar menarik, mahasiswa juga memiliki akses untuk dapat berkonsultasi langsung mengenai rencana karir di masa depan. (inilah.com)