ISBI Bandung Berencana Bangun Kampus di Kabupaten Subang

ISBI Bandung Berencana Bangun Kampus di Kabupaten Subang



NILAH, Bandung - Rektor Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Een Herdian berencana membangun kampus di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Wacana ini berkembang karena ada keterkaitan di bidang seni.

Een mengatakan Pemerintah Subang sendiri sudah menanggapi positif dengan rencana tersebut. Jika pemerintah Subang sudah setuju dengan adanya ISBI di Subang, dan seniman di Subang menyambut baik, tinggal bagaimana langkah kedepan untuk menindaklanjutinya.

"Dengan perencanaan ISBI akan membuka kampus di Kabupaten Subang ini sebetulnya baru wacana, belum ada deal-dealan. Bukan berarti sekarang membangun gedung dan lainnya, bisa saja setelah nanti periode saya," ujar Een, Rabu (20/1/2021).


Dia memaparkan membuat kampus itu tidak semudah membalikan telapak tangan, apalagi ISBI dibidang kesenian. Misalnya, dari segi aggaran, lahan tanah, kegiatan-kegiatannya sudah ada secara rutin, kemudian MoU dengan pemda sudah dilakukan dengan baik, hal itu bisa menjadi salah satu loncatan untuk membangun ISBI di Kabupaten Subang.

"Ketika pemerintah daerah sudah menyetujui dan kita diberi tanah, syukur alhamdulillah. Masalah pembangunannya kapan, itu juga belum kita prediksi untuk membangun," imbuh Een.

Selain itu kata Een, masalah peralatan dan lainnya masih harus dipikirkan secara matang. Misalnya, tahap pertama jurusan karawitan, pihaknya harus membuat fakultas seni pertunjukan, harus ada gedung pertunjukan, harus ada alat-alatnya, harus ada panggungnya dan lainnya.

"Itu yang akan ditindaklanjuti kepada pemerintah pusat seperti apa untuk mengembangkannya perguruan seni disana," katanya.

Dia berharap mudah-mudahan rencana ISBI Bandung bisa membangun di Kabupaten Subang dan bisa terwujud. Selain itu, Pemda setempat menyambut baik, seniman-seniman disana menyambut baik, tentu ini suatu kebahagian bagi ISBI.

"Tentu saja ketika ISBI ada disana, bisa ikut membangun pengembangan pariwisata pendidikan, pengembangan pendidikan, menjadi pusat pariwisata pendidikan dan seni budaya. Jadi disana tuh kedepannya itu bukan hanya tempat pendidikan seni budaya saja, tetapi bisa jadi tempat pariwisata tujuan wisata pendidikan," papar Een. (Okky Adiana)