Daop 2 Perluas Stasiun yang Melayani Rapid Test Antigen 

Daop 2 Perluas Stasiun yang Melayani Rapid Test Antigen 
istimewa

INILAH, Bandung - Setelah Stasiun Bandung, Stasiun Kiaracondong, dan Stasiun Tasikmalaya kini terhitung mulai Jumat (22/1/2021) layanan rapid test antigen dapat dinikmati di Stasiun Banjar.

Manager Humas Daop 2 Bandung Kuswardoyo mengatakan, penambahan layanan ini merupakan bentuk pelayanan tambahan yang dihadirkan PT KAI kepada para pengguna jasa KA. Seperti diketahui, salah satu syarat bepergian menggunakan KA jarak jauh kini harus mengantongi surat keterangan raid test antigen dengan hasil negatif Covid-19.

Secara umum, dia menyebutkan saat ini jadwal layanan rapid test antigen di wilayah Daop 2 Bandung meliputi Stasiun Bandung mulai pukul 08.00-19.00 WIB, Stasiun Kiaracondong (pukul 08.00-23.00 WIB), Stasiun Tasikmalaya (pukul 08.00-17.00 WIB), dan Stasiun Banjar (08.00-16.00 WIB).

Menurutnya, di keempat stasiun itu pihaknya menurunkan tiga petugas di setiap lokasi. Di setiap stasiun, layanan tersebut ditangani 1 orang administrasi dan 2 orang analis. 

"Sejak 22 Desember 2020 hingga saat ini, pengguna jasa KA jarak jauh di Pulau Jawa khususnya di wilayah Daop 2 Bandung diharuskan menunjukkan surat keterangan hasil rapid test antigen negatif Covid-19 yang berlaku selambat-lambatnya tiga hari sebelum tanggal keberangkatan (H-3). Adapun syarat-syarat tersebut tidak diwajibkan untuk pelanggan berusia di bawah 12 tahun," ujar Kuswardoyo.

Selain itu, bagi seluruh pengguna jasa KA wajib untuk menerapkan dan mematuhi protokol Kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M) serta harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), memakai masker dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius. 

Selama dalam perjalanan, pengguna jasa KA jarak jauh diharuskan menggunakan face shield dan diimbau menggunakan pakaian lengan panjang.

 KAI senantiasa menghadirkan kemudahan dan pelayanan terbaik bagi seluruh pengguna jasanya dan menjadikan perjalanan  menggunakan KA sebagai perjalanan yang aman, nyaman, lancar, dan sehat. (*)