Jaga Kestabilan Harga Sembako, PPJ Kota Bogor Gelar Lima Kali Operasi Pasar

Jaga Kestabilan Harga Sembako, PPJ Kota Bogor Gelar Lima Kali Operasi Pasar
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Demi adanya kestabilan harga sembako, Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) menggelar operasi pasar di sejumlah pasar tradisional. Untuk itu, PPJ melakukan bersama Kementerian Pertanian. 

Direktur Utama PPJ Kota Bogor Muzakkir mengatakan, ada kenaikan harga daging sapi meski tidak signifikan. Kenaikan harga antara Rp2-5 ribu per kilogram.

"Perumda PPJ rutin menyelenggarakan operasi pasar untuk menekan harga beberapa kebutuhan. Kami gandeng vendor-vendor besar untuk bantu pemerintah bantu untuk memberikan harga yang terbaik dan terjangkau buat masyarakat," ungkap Muzakkir kepada INILAH, Minggu (24/1/2021).

Dia menjelaskan, saat ini yang menjadi pembahasan yaitu kenaikan harga cabai terutama cabai rawit yang harganya mencapai kisaran Rp90-95 ribu per kg. Selain itu, komoditas yang disorot yakni daging sapi. Menurutnya, di beberapa daerah ada mogok pedagang daging, sehingga menimbulkan kelangkaan daging di beberapa pasar.

"Di Kota Bogor sendiri kami monitor di RPH (rumah pemotongan hewan) terjadi penurunan pemotongan sapi. Yang biasanya per hari dipotong 30 ekor, tiga hari ini rata-rata di angka 20 ekor. Ini tandanya ada penurunan dan dari data yang ada tetapi itu masih mencukupi kebutuhan sehari-hari di Kota Bogor dan sisi harga juga ada kenaikan tapi tidak signifikan antara Rp2-5 ribu," jelasnya.

Dia mengungkapkan, tujuan bazar sembako murah ini, untuk menstabilkan harga dan penurunan harga, bukan penurunan pembelian.

"Alhamdulillah banyak masyarakat yang berminat dengan operasi dan harga kedepannya mudah-mudahan stabil. Kami sudah lakukan di lima pasar yang komoditasnya sembako," terangnya.

Sementara itu, Pelaksana Bagian Distribusi Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor Ivan Wijayanto menuturkan pada 2021 ini pihaknya bekerjasama dengan Badan Ketahanan Kementan dan pasar mitra tani untuk menggelar bazar sembako murah ini. Sebab, harga pangan di pasar mitra tani relatif murah dibandingkan dengan harga pasar.

"Sementara ini, bazar sembako murah ini kami gelar di lima pasar di Kota Bogor. Pasar Sukasari ini pasar keempat. Sebelumnya telah digelar di Pasar Anyar, Pasar Bogor, Pasar Merdeka dan, hari ini di pasar Sukasari serta terakhir kita akan gelar di pasar Gunung Batu," ungkapnya.

Pada bazar sembako murah ini, beras hanya dibanderol Rp44 ribu per karung, bawang merah Rp23 ribu per kg, bawang putih Rp17.500 per kg, dan minyak goreng Rp11.500 per liter. 

Selain itu, ada gula pasir seharga Rp12 ribu per kg, telur ayam Rp22 ribu per kg, cabai merah keriting Rp20 ribu per setengah kg, dan cabai rawit merah dibanderol Rp30 ribu per setengah kg. (Rizki Mauludi)