Sampah Liar yang Terus Menumpuk di Kabupaten Bandung

Sampah Liar yang Terus Menumpuk di Kabupaten Bandung
Foto: Dani R Nugraha

INILAH, Bandung - Sampah liar rupanya masih tetap menjadi permasalahan yang tak kunjung selesai di Kabupaten Bandung. Tumpukan sampah liar di tepi jalan dapat dengan mudah ditemukan di berbagai ruas jalan di Kabupaten Bandung. 

Salah salah satunya di Jalan Raya Soreang-Ciwidey, tepatnya di sekitar Kampung Patrol Desa Sukajadi Kecamatan Soreang. Sampah yang diduga dibuang para pengguna jalan yang melintas serta warga sekitar nampak menumpuk dikerumuni lalat, merusak pemandangan dan memaksa siapa saja yang lewat memalingkan wajah karena jijik.

"Kelihataannya itu sampah dibiarkan enggak pernah diangkut petugas. Mungkin karena itu tempat sampah liar yah. Tapi kenapa juga enggak pernag ada larangan atau dijaga petugas agar warga tidak buang sampah disitu," kata Heri Supriatna (40) salah seorang warga setempat, Minggu (24/1/2021).

Dia menuturkan, hampir setiap hari melintas di jalan tersebut dia seringkali melihat warga yang melintas dengan motor maupun mobil, melemparkan bungkusan kantong keresek berisi sampah. Tak hanya pengguna jalan, ada juga warga yang jalan kaki dan sengaja buang sampah di tepi jalan yang selalui ramai dilalui oleh para wisatawan yang hendak menuju objek wisata Ciwidey itu.

"Saya rumah di Ciwidey setiap hari pergi kerja ke Bandung. Lihat orang buang sampah ditempat itu sudah biasa, mungkin mereka sengaja bawa sampah dari rumah karena disekitar rumahnya enggak ada TPS atau tidak ada layanan dari petugas kebersihan," ujarnya.

Selain di tempat itu, tumpukan sampah juga dapat dengan mudah ditemui siapa saja yang melintas di jalan jalan yang ada di Kabupaten Bandung.

"Enggak tahu kenapa ya, kok Kabupaten Bandung sampai sekarang belum juga bisa menyelesaikan persolan sampah," katanya.

Hal senada dikatakan Ade Rohmat (35), warga Kecamatan Pangalengan. Dia menyebutkan, persoalan sampah itu karena tak ada tempat sampah yang memadai disekitar pemukimannya. Maka tak heran jika sebagian warga Kabupaten Bandung masih suka membuang sampah sembarangan. Salah satunya dengan cara membungkus dan membawa sampah dari rumahnya untuk dibuang di tepi jalan.

"Karena enggak ada TPS yang memadai atau bahkan di kampunnya itu enggak ada TPS, pilihan terakhir yah sampahnya dibungkus dan dibuang di tepi jalan. Bahkan ada juga warga yang sengaja buang sampah ke sungai. Ini juga bukan soal kesadaran masyarakat yang rendah, tapi juga sudah sejauh mana pemerintah memfasilitasi dan mensosialisasikan larangan dan bahaya membuang sampah sembarangan," katanya. (Dani R Nugraha)