Kota Bandung Telah Cairkan Uang Santunan Kematian Covid-19

Kota Bandung Telah Cairkan Uang Santunan Kematian Covid-19

INILAH, Bandung - Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung Tono Rusdiantono mengatakan, pemerintah telah mencairkan uang santunan kepada warga yang meninggal akibat Covid-19.

 

Adapun besaran santunan kematian sebesar Rp 15 juta per jiwa tersebut, diberikan kepada ahli waris dari korban Covid-19 yang meninggal dunia. Hal itu sesuai dengan surat edaran Kementerian Sosial RI Nomor 427/3.2/BS.01.02/06/2020.

 

"Dana kematian Covid-19 untuk warga Kota Bandung sudah ada yang cair dua orang dari 70, dan itu real anggarannya satu orang Rp 15 juta," kata Tono di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung pada Senin (25/1/2021). 

 

Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah menerima usulan kurang lebih 70. Namun dari jumlah tersebut, belum semua memenuhi persyaratan. Meski begitu, semua pengajuan telah terverifikasi dan mendapat rekomendasi. 

 

"Ini adalah pengajuan di bulan Juli, dan baru cair di bulan Januari. Tetapi itu kan berproses, dan mudah-mudahan karena ini tahun anggaran baru, Mudah-mudahan pencairannya bisa lebih cepat," ucapnya. 

 

Dijelaskan Tono, mereka yang mendapat uang santunan kematian Covid-19 adalah yang telah lolos tahap verifikasi. Uang santunan kematian, diberikan langsung Kemensos RI melalui rekening yang bersangkutan yaitu ahli waris dari korban Covid-19. 

 

"Poinnya, Dinsosnangkis Kota Bandung hanya mengakomodir, identifikasi, mengumpulkan persyaratan dan merekomendasi. Untuk kewenangan uang, itu langsung dari Kemensos RI," ujar dia. (Yogo Triastopo)