Kasus Covid Terus Menerus Naik, Pemkab Cirebon Perpanjang PPKM

Kasus Covid Terus Menerus Naik, Pemkab Cirebon Perpanjang PPKM
istimewa

INILAH, Cirebon - Pemkab Cirebon kembali memutuskan untuk memperpanjang Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sampai tanggal 8 Februari 2021. Hal itu mengacu kepada semakin tingginya penyebaran kasus covid-19 di Kabupaten Cirebon. Tercatat, evaluasi PPKM selama dua minggu, kasus konfirmasi covid-19 terus menerus naik. Demikian dikatakan Kadinkes Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, Senin (25/1/2021).

 

Enny menjelaskan, meskipun kasus konfirmasi covid terus naik, namun rasio kematian masih diatas target. Harusnya 3 persen  saat ini masih ada di 5,7 persen. Kemudian angka kesembuhan di angka 84 persen, sementara target nasional adalah 81 persen. Kemudian rasio aktif ada dibawah, yang harusnya 14 persen, posisi sekarang ada di 10 persen.

 

"Minggu kemarin jumlah yang dirawat turun, dan angka kesembuhan naik. Justru yang harus di waspadai sekarang dari klaster keluarga.  Jadi harap waspada saja karena tidak tahu dari mana mereka bisa terkonfirmasi," ungkap Enny.

 

Sementara selama PPKM, memang ada penambahan. Padahal seminggu sebelum PPKM, justru ada penurunan jumlah yang positif. Jadi, selama PPKM ada penambahan lebih dari 300 kasus, dari hasil swab massal. Sedangkan seminggu sebelum PPKM ada 19 orang yang meninggal. Sementara saat PPKM ada 16 orang yang meninggal.

 

"Yang positif aktif ada penambahan karena ada test masiv. Intinya, tolong jaga diri dan jaga kesehatan. Jalankan protokol kesehatan dimanapun berada," pinta Enny.

 

Sementara itu, Bupati Cirebon, Imron membenarkan ada perpanjangan PPKM. Masalahnya, selama ini banyak masyarakat yang masih belum menjalankan protokol kesehatan. Justru disinilah letak persoalannya. Imron melihat, kesadaran masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan masih minim.

 

"Ini perlu kesadaran masyarakat. Kalau kami terus yang bertindak, sementara masyarakat masih cuek, ya sama saja bohong," jelas Imron.

 

Imron menambahkan, pelaku usaha jangan sampai melanggar aturan yang sudah ditetapkan. Jangan sampai merugikan diri sendiri, karena akan ada tindakan tegas dari satgas. Adanya 67 pelaku usaha yang ditindak selama PPKM tahap satu, membuktikan bahwa pelaku usaha juga masih kurang dalam kesadaran menerapkan aturan. (maman suharman)