"June & Kopi", Film Persahabatan Manusia dan Hewan Tayang di Netflix

"June & Kopi", Film Persahabatan Manusia dan Hewan Tayang di Netflix
Ilustrasi (antara)

INILAH, Bandung - "June & Kopi", film Indonesia yang mengisahkan tentang persahabatan manusia dan anjing akan segera tayang di Netflix mulai 28 Januari 2021. Film Originals Netflix ini dibintangi oleh Acha Septriasa, Makayla Rose Hilli, dan Ryan Delon.

Disutradarai oleh Noviandra Santosa, film Indonesia kedua yang memiliki tema utama hubungan persahabatan antara manusia dengan hewan anjing setelah "Boni dan Nancy" (1974) itu terinspirasi dari pengalaman hidup sang sutradara sendiri.

"Inspirasinya adalah dari dua anjing yang aku rescue. Banyak anjing yang dibuang dan penting banget buat saya untuk dapetin anjing dari shelter. Tiap anjing punya kepribadian yang unik, dan interaksi hewan serta manusia ini juga diambil dari pengalamanku dulu," kata Noviandra dalam jumpa pers virtual, Senin.

Film ini berfokus pada Aya (Acha Septriasa) dan suaminya (Ryan Delon) memiliki dua ekor anjing bernama June dan Kopi yang menjadi bagian dari keluarganya.

Begitu Aya menyambut kelahiran putrinya, Karin (Makayla Rose Hilli), June langsung menjadi pendamping yang setia bagi sang anak, dan mereka terus menjadi sahabat yang akrab seiring Karin tumbuh dewasa.

Sayangnya, suatu hari Karin dan June terjebak dalam situasi yang mengkhawatirkan, dan Aya hanya bisa berharap June mampu menjaga putrinya.

Bagi aktris Acha Septriasa, Aya merupakan karakter yang spesial baginya. Tak hanya sama-sama seorang wanita karir yang memiliki banyak inspirasi dari lingkungan sekitarnya, menurut Acha, Aya merupakan tokoh yang sangat manusiawi.

"Aya adalah karakter yang spesial banget. Ia adalah penulis komik, best selling author, dan inspirasi di kehidupannya muncul dari orang-orang dan lingkungan yang dekat dengannya," kata Acha.

"Aya adalah karakter yang sangat manusiawi, yang semua orang merasakannya, terutama bagi mereka yang pernah kehilangan orang yang paling berharga. June adalah sosok yang lebih dari seekor peliharaan dan membantu Aya lagi," imbuhnya.

Sependapat dengan Acha, lawan mainnya yaitu Ryan Delon yang berperan sebagai Ale, beranggapan bahwa ia bisa menghayati peran ini karena memiliki kedekatan emosional yang sama.

"Saya bisa relate karena punya anjing di rumah 7 ekor. Kami memperlakukan pet bukan sekadar pet, tapi bagian dari keluarga, dan dengan itu, ada hubungan emosional di antara kami," kata Ryan.

Sementara itu, film "June & Kopi" sebelumnya direncanakan tayang di bioskop. Namun, di akhir tahun 2020, Netflix mengumumkan akan menayangkan "June & Kopi" sebagai Netflix Originals dan tayang secara global pada 28 Januari ini. (antara)