Karawang Masih Zona Merah, Ridwan Kamil Ngantor di Sana

Karawang Masih Zona Merah, Ridwan Kamil Ngantor di Sana
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Istimewa)

INILAH, Bandung- Belum padam status zona merah yang dialami Karawang selama enam Minggu berturut-turut. Kondisi ini menjadi persoalan serius untuk segera ditangani.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pada pekan ini ada enam daerah dengan risiko penularan Covid-19 tinggi di Jabar. Selain Karawang, yaitu Kabupaten Bandung, Tasikmalaya, indramayu, Bekasi dan Kota Bekasi.

"Zona merah masih di 6 wilayah," ujar Ridwan Kamil. 

Mengingat zona merah yang dialami Karawang tidak kunjung reda, maka pihaknya bakal memberikan perhatian lebih ekstra. Dia mengaku, akan segera berdinas di Karawang untuk mengupayakan Karawang cepat pulih. 

Diketahui, hal senada pernah dilakukan pula untuk Kabupaten Tasikmalaya. 

"Karawang masih 6 minggu berturut-turut zona merah. Ini akan menjadi perhatian kami setelah dinas ke Kabupaten Tasik, pertengahan minggu akan ke karawang untuk memastikan kita turunkan zona merah," paparnya. 

Disisi lain, tingkat keterisian rumah sakit berada di angka 70 persen. Ini cukup positif,  mengingat tingkat keterisian rumah sakit sebelumnya  sempat di angka 77 sampai 80 persen.

"Ini menurun berkat gedung baru dan kebijakan memindahkan pasien gajala rinagn di non RS maka tingkat keterisiannya ini 70 persen," katanya.

Dia mengaku, hingga saat ini data di pemerintah pusat masih bercampur. Jadi, sebagian yang terjadi di Jabar adalah kasus lama. 

"Tapi prosenstase kasus lama ini, kalau minggu lalu 2/3 dilaporkan kasus lama nah sekarang realtif lebih sedikit;" paparnya. (riantonurdiansyah)