Pasca Gempa Majene dan Mamuju, Pos Indonesia Tetap Beroperasi 

Pasca Gempa Majene dan Mamuju, Pos Indonesia Tetap Beroperasi 
istimewa

INILAH, Bandung - PT Pos Indonesia memastikan seluruh layanan kantor pos telah beroperasi di dua kawasan yang telah dilanda bencana gempa bumi di Kabupaten Majene dan Kota Mamuju, Sulawesi Barat beberapa waktu lalu.

Sekretaris Perusahaan Pos Indonesia Tata Sugiarta mengatakan, walaupun beberapa kantor pos di Majene dan Mamuju terdampak dan sempat mengalami gangguan namun sejak Jumat (22/1/2021) lalu dapat memberikan pelayanan pos meski dalam bentuk pelayanan darurat. 

Menurutnya, masyarakat dapat memanfaatkan 18 kantor pos di wilayah Majene dan Mamuju yaitu Kantor Pos Cabang (KPC) Pasangkayu, KPC Topoyo, KPC Campalagian, KPC tinambung, KPC Wonomulyo, KPC Polewali, KPC Mamasa, KPC Sumarorong, KPC Majene, KPC Pekkabata, KPC karossa, Kantor Pos Mamuju, KPC Malunda, KPC Tappalang, KPC Kalukku, KPC Tarailu, KPC Mambiyang, dan KPC Somba. 

"Ke-18 kantor pos itu sudah dapat melayani transaksi jasa keuangan maupun pengiriman barang baik di lokasi kantor pos maupun di loket pelayanan yang dibangun secara darurat sebagai loket layanan sementara," kata Tata, Selasa (26/1/2021).

Saat ini diakui masih terdapat kendala pada segmen proses antaran kiriman karena di Kota Mamuju, Tapalang, dan Malunda masih banyak penduduk yang mengungsi. Namun, solusi yang dilakukan Pos Indonesia untuk mengatasi kendala gangguan kawasan tersebut adalah dibentuk tim squad untuk secara proaktif menelepon penerima kiriman. Usai mendapat konfirmasi dengan penerima maka paket kriimannya diantar langsung sesuai alamat. Kiriman itu diantar ke alamat setelah konfirmasi atau diambil di kantor pos. 

“Pos Indonesia tetap menyiagakan unit kerjanya untuk dapat memberikan pelayanan kantor pos agar kegiatan perekonomian dapat segera berangsur pulih dan masyarakat dapat segera melewati situasi ini,” ujar Tata.

Lebih jauh dia memastikan, Pos Indonesia akan terus hadir di tengah-tengah masyarakat untuk meringankan beban para korban agar dapat melewati bencana ini. Sebagai bentuk kepedulian, Pos Indonesia kini menyiapkan bantuan melalui program CSR Pos Peduli. 

"Bantuan seperti ini sudah seringkali dilakukan Pos Indonesia sebagai bentuk kepedulian dan ketulusan Pos Indonesia kepada masyarakat, khususnya warga yang terdampak bencana," tambahnya. (*)