13.400 Dosis Vaksin Covid-19 Datang di Kabupaten Cirebon, Vaksinasi 1 dan 14 Februari

13.400 Dosis Vaksin Covid-19 Datang di Kabupaten Cirebon, Vaksinasi 1 dan 14 Februari
Foto: Maman Suharman

INILAH, Cirebon - Akhirnya, sebanyak 13.400 vaksin Covid-19 tiba di Kabupaten Cirebon, Rabu (27/1/2021). Kedatangan vaksin Sinovac itu dikawal ketat ratusan anggota TNI/Polri. 

Kedatangan vaksin, langsung disambut Bupati Cirebon, Kapolresta Cirebon, Dandim, dan Kajari setempat. Vaksin yang langsung dijemput dari Kabupaten Indramayu tersebut, langsung disimpan di Gudang Farmasi Dinkes Kabupaten Cirebon.

Bupati Cirebon Imron mengatakan, nantinya vaksinasi akan mulai dilaksanakan pada 1 Februari mendatang. Kemudian, pada 14 Februari akan dilaksanakan vaksinasi tahap dua. Jumlah vaksin yang datang saat ini akan diberikan kepada lebih dari 7 ribu tenaga kesehatan (nakes) yang ada.

"Kita akan berikan selama dua tahap. Jadi setelah tahap awal, akan dilihat bagaimana hasilnya. Nanti mereka yang sudah disuntik vaksin tahap pertama, kembali akan disuntik pada tahap kedua," kata Imron.

Dia menjamin, pengamanan vaksin yang berada di gudang farmasi dipastikan aman. Masalahnya, selama 24 jam selalu dijaga personel TNI/Polri. Imron berharap, dengan datangnya vaksin, maka penyebaran kasus covid di Kabupaten Cirebon bisa diminimalisir.

Sementara itu, Kadinkes Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni menyebutkan anggaran vaksin Kabupaten Cirebon diambil dari anggaran biaya tak terduga (BTT). Sedangkan, pendistribusian akan dilakukan mulai Kamis (28/1/2021) besok. 

Selama tiga hari ke depan, pengiriman ke 75 fasilitas pelayanan kesehatan yang dipastikan akan selesai seluruhnya. Dalam sehari akan dikirim ke empat titik menggunakan empat kendaraan.

"Mulai besok akan segera kami distribusikan ke semua fasilitas pelayanan kesehatan. Selama tiga hari dipastikan akan selesai. Jadi saat vaksinasi semua sudah siap," jelasnya.

Enny menambahkan, selama Februari nanti semua vaksin yang ada digedung Farmasi harus habis. Artinya, target vaksinasi untuk ribuan Nakes dan beberapa pejabat publik juga harus selesai sesuai target. (Maman Suharman)