Pacu Pasar Syariah, Pertamina Gandeng Tiga Bank Syariah

Pacu Pasar Syariah, Pertamina Gandeng Tiga Bank Syariah
INILAH, Bandung - PT Pertamina (Persero) kini berkolaborasi dengan tiga bank syariah badan usaha milik negara (BUMN) sebagai mitra dalam pembayaran gaji dan sejumlah pembayaran personal karyawan lainnya. Tiga lembaga perbankan tersebut Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRI Syariah.
 
Direktur Keuangan Pertamina Pahala N Mansury mengatakan, kerja sama tersebut merupakan upaya sinergitas antar-BUMN. Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian dengan Direktur Utama Bank Syariah Mandiri Toni EB Subari, Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo, dan Direktur Komersial BRI Syariah Kokok Alun Akbar.
 
“Ini merupakan langkah kami untuk mendukung industri perbankan syariah sekaligus sinergi antar-BUMN dan anak usahanya. Karena kami melihat industri ini akan berkembang ke depannya,” kata Pahala, belum lama ini.
 
Dia menyebutkan, sebelumnya sebagian karyawan Pertamina dan grupnya melakukan transaksi payroll melalui bank syariah. Ini menunjukkan minat pekerja terkait layanan perbankan syariah  relatif tinggi.
 
“Dengan adanya kerjasama ini, maka transaksi akan menjadi lebih mudah dan efisien karena sudah terkoneksi dengan sistem di Pertamina,” ucapnya.
Kerja sama ini disambut positif ketiga bank syariah tersebut. Mereka mengaku akan memberikan layanan prima yang tak terbatas pada layanan payroll saja, namun juga layanan perbankan lainnya.
 
Sementara itu, Direktur Utama Mandiri Syariah Toni Eko Boy Subari mengatakan momen kerja sama ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengenalkan perbankan syariah ke masyarakat yang lebih luas.
 
“Ini adalah kesempatan baik bagi bank syariah anak dari bank BUMN.  Layanan yang kami berikan mencakup pendanaan baik itu ritel, tabungan, dan pembayaran gaji serta  pembiayaan kepada karyawan. Alhamdulillah, sudah terealisasi semoga prospek ke depan tumbuh luar biasa,” ujar Toni.
 
Dia mengharapkan produk-produk syariah menjadi pilihan bagi karyawan yang menghendaki layanan keuangan berprinsip syariah. Selain produk ritel Mandiri Syariah, pihaknya bekerjasama dari sisi wholesale banking. 
 
Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo juga mengungkapkan sinergi ini sangat membantu perkembangan bank syariah di Indonesia.
 
“Sebagai Hasanah Banking Partner, kami berkomitmen untuk memberikan solusi bagi seluruh kebutuhan terhadap perbankan yang hasanah, baik transaksi perorangan pegawai maupun transaksi bisnis. Dengan dukungan teknologi dari BNI, semakin memperkokoh posisi BNI Syariah sebagai bank syariah yang memberikan layanan terbaik sesuai prinsip syariah,” tuturnya.
 
Sedangkan, Direktur Komersial BRI Syariah Kokok Alun Akbar menyatakan pihaknya siap memberikan pelayanan yang lengkap.
 
“Kami memberikan pelayanan-pelayanan mulai funding dan pembiayaan-pembiayaan, investasi, KPR, pembelian kendaraan. Ini juga menjadi salah satu bentuk support Pertamina terhadap perkembangan syariah di Indonesia,” katanya.