Evaluasi Bufferstock, DPRD Jabar Datangi Dinsos

Evaluasi Bufferstock, DPRD Jabar Datangi Dinsos
net



INILAH, Bandung – Guna mengevaluasi ketersediaan bufferstock untuk mitigasi bencana, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Achmad Ru’yat bersama anggota Komisi V mendatangi Dinas Sosial.

Dalam rapat kerja tersebut, selain memastikan ketersediaan bufferstock atau stock pengaman, DPRD Jabar turut membahas terkait persiapan pembangunan gedung untuk Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Mengingat saat ini, jumlah penderita kian bertambah seiring dengan adanya pandemi Covid-19.

Anggota Komisi V Siti Muntamah bersyukur, akan kesigapan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dalam penanganan dua hal tersebut. Kendati demikian, ada beberapa catatan dari pihaknya yang patut dikaji, khususnya terkait ketersediaan lahan dalam pembangunan gedung ODGJ tersebut.


“Alhamdulillah, pemerintah provinsi sudah akan membangun gedung untuk ODGJ yang sesuai dengan kebutuhan di Jawa Barat. Tapi ada beberapa catatan, khususnya mengenai lahan yang dikhawatirkan tidak akan mencukupi kebutuhan yang ada,” ujar Siti dalam rapat kerja, Kamis (4/2/2021).

Dia menilai, perlu adanya kalkulasi anggaran yang memadai guna mengakomodir kebutuhan dalam prosesnya. Sehingga tercipta bangunan atau gedung yang representatif bagi ODGJ.

“Untuk itu memang dibutuhkan anggaran yang tepat untuk bisa mengakomodir semua kebutuhan yang diperlukan. Gedung atau panti khusus untuk ODGJ ini diharapkan bisa representatif. Apalagi dengan adanya pandemi ini, angka ODGJ semakin meningkat, karena beberapa faktor seperti kehilangan pekerjaan, kehilangan keluarga dan masalah ekonomi,” jelasnya. (Yuliantono)