RB Leipzig vs Liverpool, Raksasa Sedang Rapuh

RB Leipzig vs Liverpool, Raksasa Sedang Rapuh
Ilustrasi/Net



DUEL kontra RB Leipzig di babak 16 besar Liga Champions menjadi sangat penting bagi Liverpool. Mereka mencari 'penebus dosa' usai gagal total di Liga Inggris.

Entah mengapa Liverpool tiba-tiba saja melempem. Dari tadinya tim yang begitu ditakuti, kini malah jadi bulan-bulanan. Terakhir mereka takluk 1-3 melawan Leicester City, akhir pekan lalu.

Itu adalah kekalahan ketiga beruntun setelah dari Brighton & Hove Albion dan Manchester City. Hasil-hasil tersebut sudah bikin Liverpool tertahan di urutan empat dengan dengan 40 poin dari 24 laga.


Skuat besutan Juergen Klopp itu sudah tertinggal 13 poin dari Manchester City di puncak klasemen dan berisiko disalip Chelsea, West Ham United, hingga Everton.

Jurgen Klopp pun realistis. Diamengakui titel Liga Inggris sudah lepas dari genggaman menyusul kekalahan dari Leicester. Tapi kini Liverpool mengincar kesempatan lain di Liga Champions.

Bek Liverpool Trent Alexander-Arnold melihat kompetisi ini datang di waktu yang tepat untuk mengangkat moral tim. Liverpool akan menghadapi RB Leipzig di Puskas Arena, Rabu (17/2) dini hari WIB pada leg pertama babak 16 besar.

"Dalam situasi seperti ini, Anda menginginkan kesempatan untuk sesegera mungkin membenahinya. Itu kompetisi yang berbeda, yang selalu menyegarkan kembali pikiran, ada mentalitas yang berbeda menuju ke sana," ungkap Alexander-Arnold.

"Selalu menyenangkan bisa bermain di sana, jadi ya antusias bisa mendapatkan prospek untuk menghadapi pertandingan knock-out lagi. Anda menunggu begitu lama untuk fase gugur Liga Champions, itu selalu menyenangkan."

Arnold menyebut timnya begitu bersemangat untuk membayar segala kegagalan yang sudah dilalui.

"Kami perlu memulihkan diri dan beranjak lagi karena kami punya pertandingan besar pada hari Selasa nanti," sambung bek kanan tersebut seperti dikutip Sky Sports.

Pindah Venue

Seperti diketahui, duel ini takkan digelar di kandang Leipzig, melainkan di Puskas Arena, Budapest, Hungaria.

Akibat pandemi COVID-19, pemerintah Jerman baru-baru ini melarang orang-orang dari Britania Raya masuk ke negara mereka. UEFA pun memindah venue pertandingan Leipzig vs Liverpool dari Red Bull Arena ke Puskas Arena.

Musim lalu, dengan statusnya sebagai juara bertahan, Liverpool dikandaskan Atletico Madrid di babak 16 besar. Sementara itu, Leipzig secara mengejutkan lolos hingga semifinal setelah menyingkirkan tim yang menjegal Liverpool, Atletico, di perempat final.

Leipzig bakal berjuang untuk menyamai pencapaian itu, sedangkan Liverpool bertekad melangkah lebih jauh.

Form Liverpool kontras dengan Leipzig, yang tercatat selalu menang dalam empat laga terakhir mereka. Terkini, anak-anak asuh Julian Nagelsmann menang 2-1 melalui penalti Dani Olmo dan gol Christopher Nkunku saat menjamu Augsburg di Bundesliga.

Leipzig sendiri bisa dibilang sebagai tim yang cukup tahu caranya menyakiti wakil-wakil Inggris. Leipzig musim lalu mengalahkan Tottenham dengan agregat 4-0 di babak 16 besar, dan mengalahkan Manchester United 3-2 di kandang di fase grup musim ini. (bsf)