Proyek Rp200 M Disoroti Dewan, 'Rakyat Lebih Butuh Ruang ICU Covid-19'

Proyek Rp200 M Disoroti Dewan, 'Rakyat Lebih Butuh Ruang ICU Covid-19'
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Cibinong- Proyek pembangunan penataan Kota Cibinong A City Beatiful Project atau tepatnya penataan Jalan Raya Kandang Roda-Sentul, Kecamatan Cibinong plus taman yang menelan biaya kurang lebih Rp 200 miliar disoroti anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bogor Andi Permana.

Pasalnya, ia melihat harusnya Pemkab Bogor lebih memprioritaskan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tingkat II untuk penanganan wabah virus corona (Covid 19).

"Proyek pembangunan penataan Kota Cibinong A City Beatiful Project yang menelan biaya sekitar Rp 200 miliar tidak tepat dan bisa ditunda atau cukup dilakukan perawatan dan bukannya peningkatan jalan. Saat ini alokasi APBD tingkat II harusnya diprioritaskan untuk penanganan wabah Covid 19," kata Andi kepada wartawan, Kamis, (18/2).


Alasan Bupati Bogor Ade Yasin bahwa proyek proyek penataan Jalan Raya Kandang Roda-Sentul demi pembangunan penataan Kota Cibinong A City Beatiful Project, anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Bogor ini merasa alasan Ade Yasin ngotot melanjutkan proyek tersebut karena dalam rangka kesiapan  ajang Piala Dunia U-20 yang sepertomi di ketahui batal tanding di Stadion Pakansari.

"Saya minta proyek pembangunan penataan Kota Cibinong A City Beatiful Project ini direfocusing atau digeser dengan alasan lebih perlu dalam penanganan wabah Covid 19 yang angka penyebarannya terus meningkat dan juga karena ajang Piala Dunia U-20 batal tanding atau digelar di Stadion Pakansari Cibinong. Kami meminta anggaran tersebut digeser untuk penyediaan Ruang ICU Covid 19 di empat RSUD dan peningkatan status Puskesmas ke type D karena hal itu yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat," sambungnya.

Ditemui terpisah, Bupati Bogor Ade Yasin beralasan dilaksanakannya proyek 
pembangunan penataan Kota Cibinong A City Beatiful Project karena kondisi Jalan Raya Nanggewer yang sudah bolong-bolong atau rusak.

"Selain alasan penataan wajah Kabupaten Bogor, kami tetap melaksanakan proyek penataan Jalan Raya Kandang Roda-Sentul, Kecamatan Cibinong karena kondisi jalan dan pedestriannya yang memang harus diperbaiki karena banyak lubang atau  rusak," ujar Ade.

Informasi yang dihimpun Inilah, penataan Jalan Raya Kandang Roda-Sentul, Kecamatan Cibinong bakal dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dam Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan  (DPKPP).

Jika DPUPR melaksanakan pembangunan jalan dam pedestrian dengan besar anggaran kurang lebih Rp 190 miliar, maka DPKPP mendapatkan anggaran sekitar Rp 10 miliar untuk membangun taman di Jalan Raya Kandang Roda tersebut.  (Reza Zurifwan)