UPI Luncurkan Media Website dan Portal Dosen Tahun 2021

UPI Luncurkan Media Website dan Portal Dosen Tahun 2021
Istimewa



INILAH, Bandung - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) meluncurkan secara resmi media website dan portal dosen UPI yang baru. Peluncuran media ini dalam rangka merespon tantangan, peluang serta perubahan lingkungan, teknologi dan manajemen perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan inovasi, keunggulan serta daya saing UPI secara nasional dan internasional.

Peluncuran media ini juga ditujukan dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah melalui Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik serta komitmen UPI dalam penyajian informasi publik yang bersifat terbuka dan dapat diakses dengan cepat, akurat, benar, dan tidak menyesatkan oleh masyarakat sebagai pengguna informasi publik.

Rektor UPI Solehuddin mengatakan ada tiga hal terkait media website dan portal dosen UPI yang baru tahun 2021. Pertama, dikembangkan dalam rangka meningkatkan kualitas informasi bidang kelembagaan yang berisi profil, rencana, program, kebijakan, serta pelaksanaan kegiatan tridharma perguruan tinggi dalam rangka penyelenggaraan perguruan tinggi yang baik, transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan.


Selain itu, media komunikasi berbasis digital UPI bagi pihak internal dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan bagi pihak publik ekternal kelembagaan dengan masyarakat, Universitas, Pemerintah, serta Industri baik dalam negeri maupun luar negeri yang terintegrasi dengan media dan sistem informasi semua unit kerja di UPI.

"Menyebarluaskan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi serta inovasi unggulan Universitas Pendidikan Indonesia dalam bentuk media informasi dan publikasi yang dihasilkan oleh dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan alumni bagi masyarakat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara," ucap Solehuddin, Kamis (18/2/2021).

Media website UPI Tahun 2021 menyajikan informasi tentang profil kelembagaan, fasiltas, pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat serta informasi penerimaan mahasiswa baru bagi masyarakat di Indonesia dan luar negeri. Masyarakat bisa mengakses media informasi website UPI melalui laman: https://www.upi.edu/

Dia menambahkan media portal dosen UPI Tahun 2021 merupakan media informasi dosen yang terintegrasi melalui Single Sign On (SSO) berisi informasi esensial yang terkait dengan aktivitas Tridharma dosen, yakni informasi pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

"Media ini juga berisi informasi kepegawaian yang diperlukan oleh dosen seperti biodata, informasi rekap kehadiran, aktivitas dan Beban Kerja Dosen (BKD) dilengkapi dengan rekapitulasi Personal Report Finance, serta memudahkan dosen untuk mengakses pada system-sistem aplikasi sesuai dengan tugas fungsinya dan terintegrasi pada laman Official Website UPI. Bagi dosen bisa mengakses pada laman http://dosen.upi.edu," pungkas Solehuddin. (Okky Adiana)