Zaman Now, Zaman Penuh Godaan dan Fitnah, Harus Bagaimana?

Zaman Now, Zaman Penuh Godaan dan Fitnah, Harus Bagaimana?



ZAMAN ini zaman penuh fitnah. Juga, penuh godaan. Semua itu tersebar dimana-mana, dekat dengan kita. Harus bagaimana?

Dahsyatnya perkembangan teknologi telah membuat segalanya serba mudah. Tak terkecuali untuk bermaksiat. Aurat dimana-mana, di jalanan ataupun di layar ponsel kita.

Berikut ini nasihat penting yang ditulis Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal di rumaysho.com tentang solusi di zaman penuh godaan ini.


Dalam hadits dari ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

‎“Rabb kalian begitu takjub pada penggembala domba, … ia mengumandangkan azan untuk shalat, lantas ia pun shalat.” Allah pun berfirman, “Lihatlah pada hamba-Ku ini. Ia mengumandangkan azan, lalu ia shalat, ia begitu takut kepada-Ku. Aku telah mengampuni dosa hamba-Ku dan Aku memasukkannya dalam surga.” (HR. Abu Daud, no. 1203; An-Nasai, no. 666, dan Ahmad, 17442. Syaikh Al-Albani dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah mengatakan bahwa hadits ini sahih).

Syaikh Dr. ‘Abdul ‘Aziz Asy-Syayi’ hafizhahullah berkata dalam status twitternya @aamshaya,

“Ini adalah pahala bagi orang yang bersendirian di belantara dan tidak ada godaan di sekitarnya. Lantas bagaimana lagi dengan seseorang yang bersendirian dan dikelilingi godaan besar, kemudian meninggalkan godaan tadi, lantas ia melakukan shalat dua rakaat karena takut kepada Allah, tentu ia akan mendapatkan keutamaan lebih.”

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal memberi kesimpulan dari hadist di atas sebagai berikut:

"Solusi di zaman penuh cobaan dan godaan adalah kembali kepada Allah dan semakin dekat dengan shalat. Semoga Allah menjadikan kita sebagai hamba yang rajin bertaubat dan terus memperhatikan ibadah kepada Allah." (Ibrahim Abbad/Umma)