Kurang Dari 12 Jam, Polisi Ungkap Kasus Penusukan di Pasar Caringin Bandung

Kurang Dari 12 Jam, Polisi Ungkap Kasus Penusukan di Pasar Caringin Bandung
Foto: Ridwan Abdul Malik



INILAH, Bandung - Satreskrim Polrestabes Bandung berhasil mengungkap kasus penusukan hingga menyebabkan hilangnya nyawa Suterman (37) di Pasar Caringin, Kota Bandung, Jumat (19/2/2021). 

Pelaku pembunuhan yakni Eliyudin (41) menyerahkan diri ke Polres Cimahi usai melakukan penusukan.

"Kejadian pukul lima pagi tadi, kemudian oleh Polsek kita koordinasi se-Bandung Raya khususnya Polres Soreang (Kabupaten Bandung) dan Cimahi. Alhamdulilah dapat informasi dari Polres Cimahi dan tersangka menyerahkan diri ke Polres Cimahi," ucap Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Adanan Mangopang, saat ungkap kasus di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jumat (19/2/2021).


Adanan menjelaskan, pelaku dengan korban masih ada hubungan kekerabatan. Namun, yang menjadikan motif penusukan lantaran pelaku sakit hati terhadap korban dan merasa harga dirinya dirusak korban.

"Motifnya sakit hati korban sering posting foto di grup warga Nias yang kalau secara adat buat malu keluarga. Antara pelaku dan korban masih ada hubungan saudara masih satu keluarga lah," tutur Adanan.

Adanan menjelaskan, kejadian penusukan tersebut dilakukan begitu cepat. Pasalnya, kondisi psikologis pelaku pada saat kejadian sedang tersulut emosi.

Tidak tanggung-tanggung, pelaku menikam korban secara beruntun di lokasi kejadian. Total, korban mengalami 12 luka tusukan mulai dari leher, dada, dan punggung.

"Yang bersangkutan (pelaku) melihat korban dari pasar karena melihat kemudian tersulut emosi dan ambil pisau yang ada di jok motor. Pelaku menikam korban 12 kali tusukan di leher, dada sama punggung," tuturnya.

Atas perbuatannya, Polisi menjerat pelaku dengan pasal 351 KUHP Jo 338 KUHP dengan ancaman pidana paling lama 15 tahun penjara.

"Kepada yang bersangkutan dikenakan pasal 351 jo 338 ancaman hukuman 15 tahun penjara," pungkasnya Adanan.

Diberitakan sebelumnya, seorang pengunjung Pasar Caringin tewas ditusuk oleh orang tidak dikenal. Korban ditusuk lebih dari satu kali hingga akhirnya tewas.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian tersebut terjadi di Blok E Los, Pasar Induk Caringin, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung pada Jumat (19/2/2021) dini hari, tepatnya pukul 05.20 WIB. (Ridwan Abdul Malik)