Lawan Pandemi, Ketua Komisi V DPRD Jabar Dorong Pengembangan Plasma Konvalesen

Lawan Pandemi, Ketua Komisi V DPRD Jabar Dorong Pengembangan Plasma Konvalesen
istimewa



INILAH, Bandung – Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Dadang Kurniawan mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov), untuk melakukan pengembangan penelitian terkait terapi plasma konvalesen, sebagai alternatif pengobatan bagi penderita Covid-19.

Metode pengobatan dengan menggunakan plasma darah peyintas Covid-19, diyakininya dapat membentuk antibodi untuk membantu proses penyembuhan inveksi virus corona tersebut. Terlebih saat ini, sudah cukup banyak penyintas dengan varian golongan darah yang berbeda. Sehingga dapat membantu proses pengobatan, selain vaksinasi yang tengah dilakukan guna mengejar herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Saya rasa itu (terapi plasma konvalesen) bisa jadi alternatif pengobatan untuk kita, dalam memerangi Covid-19. Selain pemberian vaksin yang sudah kita lakukan sekarang,” kata Dadang kepada INILAH, Senin (22/2/2021).


Anggota Fraksi Partai Gerindra Persatuan ini pun mendorong kepada para penyintas yang ada di Jawa Barat, untuk berperan aktif dalam mendonorkan darahnya ke fasilitas kesehatan. Salah satunya Palang Merah Indonesia (PMI), untuk membantu masyarakat yang kini tengah berjuang untuk sembuh dari infeksi Covid-19.

“Saya harap, masyarakat kita yang sudah melewati fase berat tersebut (terinfeksi Covid-19), untuk tidak sungkan melakukan donor plasmanya ke tempat-tempat layanan kesehatan. Supaya dapat menambah tabungan plasma, dalam pengobatan dari Covid-19 ini,” ucapnya. (Yuliantono)