Emil-Sandi Bertemu, Bahas Kolaborasi di Sektor Pariwisata

Emil-Sandi Bertemu, Bahas Kolaborasi di Sektor Pariwisata
istimewa



INILAH, Bandung-Kolaborasi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama pemerintah pusat kian erat, khususnya guna mendongkrak potensi pariwisata di masa Pandemi Covid-19. Hal itu tampak saat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno bertemu dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (22/2/2021). 

 

Sandiaga Uno mengaku bahwa pertemuan ini merupakan lanjutan pembahasan mengenai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata di Lido, Kabupaten Bogor. Rencananya, dia bersama Ridwan Kami bakal meninjau ke lokasi untuk memastikan perkembangan proyek tersebut berjalan lancar, pada Maret nanti. 


 

"Hari ini kita bicara kolaborasi dan aktivasi dari beberapa kegiatan dan capaian setelah pertemuan kita 19 Januari. Pertama, bahwa KEK pariwisata Lido telah diresmikan dan pembangunan movieland salah satu infrastruktur pertama telah dimulai," ujar Sandiaga Uno.

 

Selain itu, Sandiaga mengaku mendapatkan masukan dari Ridwan Kamil mengenai kolaborasi program, seperti petani milenial yang saat ini tengah digaungkan oleh Pemprov Jabar. Di mana upaya penambahan jumlah lahan garapan untuk petani milenial adalah tugas bersama, yakni lahan di BUMN terutama yang bisa dikelola untuk menciptakan lebih dari 500 ribu lapangan kerja baru untuk anak muda.

 

"Jadi itu langkah kolaborasi kita dan mudah-mudahan bisa membuka lapangan kerja dan memberikan kebangkitan pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," paparnya. 

 

Sementara itu, Ridwan Kamil berharap pertemuan tersebut bisa berlanjut dengan kerjasama dengan baik. Pasalnya, kedua belah pihak memiliki visi yang sama dalam upaya membangkitkan ekonomi melalui industri pariwisata. 

 

"Mudah-mudahan didukung dari skala promosi desa sampai infrastruktur, sampai berita KEK pariwisata pertama di Jabar sudah berhasil. Skala Pak Menteri bisa menasionalkan gagasan kami mudah-mudahan setelah ini kolaborasi lebih mantap," jelasnya.

 

Pada kesempatan ini, dihadiri pula oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Jawa Barat Dedi Taufik. Dia menjelaskan bahwa beberapa pembahasan antara Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno menyangkut program pariswisata tipe 1 sampai tipe 3. Setelah berhasil mendorong KEK di Lido, berikutnya adalah Cikidang.

 

Minggu depan, pembahasan lanjutan dilakukan di Kota Bandung bersama para deputi mengenai pengembangan destinasi desa hingga destinasi lain untuk bisa naik kelas dengan dorongan Kemenparekraf kepada Kementerian PUPR.

 

Dari sisi promosi, pemerintah pusat memiliki calendar of event pada tanggal 1 Maret. Sehari setelahnya, agenda milik Provinsi Jawa Barat. Sandiaga Uno sendiri mengaku akan datang dalam lima agenda.

 

"Pak menteri akan menghadiri 5 calendar of event yang digagas Pemprov Jabar. Ini juga kan upaya penting untuk meningkatkan pasar domestik,” ujar Dedi. (riantonurdiansyah)