Jalan Rusak Akibat Galian Pipa di Jalan Raya Soreang-Ciwidey, Perumda Tirta Raharja Janji Perbaiki 

Jalan Rusak Akibat Galian Pipa di Jalan Raya Soreang-Ciwidey, Perumda Tirta Raharja Janji Perbaiki 
Foto: Dani R Nugraha



INILAH, Bandung - Perumda Tirta Raharja menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat. Khususnya, para pengguna jalan di Jalan Raya Soreang-Ciwidey yang terganggu kerusakan jalan akibat bekas galian pipa Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sadu. 

Bersama instansi terkait lainnya, BUMD Kabupaten Bandung itu akan segera melakukan pemeriksaan dan perbaikan di beberapa titik yang rusak dan berlubang sepanjang jalan tersebut.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan masyarakat pengguna jalan. Karena pada ruas jalan tertentu tertanam jaringan pipa dan mengalami kerusakan kembali karena terdampak curah hujan yang relatif ekstrem saat ini," kata Manager Junior Humas Perumda Tirta Raharja Sri Hartati, Selasa (23/2/2021).


Dia menuturkan, sebenarnya pekerjaan perbaikan bekas galian pipa tersebut usai diperbaiki. Perbaikan kembali ruas jalan itu dilaksanakan pihaknya bersama instansi terkait yang menjadi mitra dari perusahaan pelat merah milik Pemkab Bandung itu. Perbaikan dilaksanakan hingga badan jalan tersebut hingga layak sesuai syarat yang ditentukan.

"Kami telah melakukan pemeriksaan lapangan. Kami menduga kerusakan kembali terjadi oleh beberapa faktor penyebab. Diantaranya meningkatnya intensitas hujan tinggi, yang menggerus permukaan jalan. Hal ini menyebabkan kerusakan permukaan jalan raya pada ruas tertentu," ujarnya.

Sri melanjutkan, meski rampung melaksanakan kewajibannya sesuai ketentuan namun pihaknya dapat memahami ketidaknyamanan para pengguna jalan tersebut. Sehingga pihaknya akan segera berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan perbaikan jalan tersebut.

"Sebenarnya, sebelum ramai pemberitaan kami juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memperbaikinya," katanya.

Sebelumnya, rarga dan para pengguna jalan di Jalan Raya Soreang-Ciwidey mengeluhkan kerusakan badan jalan bekas galian pipa air baku dari Gambung ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) milik Perumda Tirta Raharja di Sadu Kecamatan Soreang.

Agus Rosidin (40), salah seorang pengguna jalan warga Ciwidey mengaku khwatir dengan kerusakan badan jalan sebelah kiri disepanjang Jalan Raya Ciwidey-Soreang. Kerusakan terjadi akibat amblas dan terjadinya penurunan permukaan tanah yang sebelumnya digali untuk penanaman pipa air baku milik Perumda Tirta Raharja.

"Bekas galian pipa itu memang sudah ditutup kembali. Bahkan atasnya sudah dicor, tapi banyak yang ambles. Ini sangat membahayakan pengguna jalan, apalagi kalau musim hujan jalanan licin. Orang yang enggak tahu jalan banyak yang kecelakaan terutama pengguna motor," kata Agus di Soreang, Minggu (21/2/2021). (Dani R Nugraha)