Besok, 120 Ribu Lansia di Kota Bandung Mulai Vaksinasi Covid-19

Besok, 120 Ribu Lansia di Kota Bandung Mulai Vaksinasi Covid-19
Foto: Yogo Triastopo



INILAH, Bandung - Pemkot Bandung akan memulai vaksinasi tahap kedua pada Jumat (26/2/2021) besok. Pada tahap tersebut ASN, TNI, Polri, guru, dan pedagang berkesempatan ikut dalam vaksinasi. 

"Total keseluruhan, jumlahnya sekitar 130 ribu. Rinciannya, lansia sebanyak 120 ribu orang dan 9.000 pelayan publik," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Rosye Arosdiani, Kamis (25/2/2021). 

Menurutnya, vaksin Covid-19 untuk para lansia dan pelayan publik telah diterima pihaknya dalam dua hari kemarin. Langkah berikutnya adalah didistribusikan ke rumah sakit dan puskesmas. 


"Lansia mulai besok di beberapa rumah sakit. Tidak seluruh rumah sakit, ada di rumah sakit ibu anak, umum, dan 30 puskesmas. Satu kecamatan satu puskesmas. Semoga besok rumah sakit sudah siap," ucapnya.

Dia menjelaskan, vaksinasi dosis pertama dan kedua terhadap lansia diberi jarak 28 hari dengan pertimbangan kondisi kesehatan yang rentan. Apabila hasil screening kurang baik, vaksinasi ditunda. 

"Vaksinasi ini diupayakan tidak di laksanakan di rumah dan direkomendasikan di tempat mumpuni. Kalau terdapat lima kriteria seperti diabetes, hipertensi maka ditunda dulu," ujar dia. 

Rosye menambahkan, total lansia yang terdata di Kota Bandung mencapai 280 ribu hingga 300 ribu orang. Mereka, selanjutnya akan divaksinasi vaksin Covid-19 yang dilakukan secara bertahap. (Yogo Triastopo)