Hasil Liga Europa: Ajax, Rangers dan Villarreal Mantapkan Agregat

Hasil Liga Europa: Ajax, Rangers dan Villarreal Mantapkan Agregat
Ilustrasi (antara)



INILAH, Bandung - Ajax, Rangers dan Villarreal berhasil memantapkan agregat kemenangan masing-masing setelah memenangi leg kedua babak 32 besar Liga Europa pada Jumat dini hari WIB.

Hal serupa juga berhasil dilakukan oleh wakil Ukraina, Shakhtar Donetsk, yang juga meraih kemenangan di pertandingan leg kedua yang berlangsung bersamaan.

Sedangkan FK Molde mampu menciptakan kejutan setelah memetik kemenangan dalam lawatan ke markas TSG Hoffenheim untuk menjadi tim Norwegia pertama yang mencapai babak 16 besar sebuah kompetisi Eropa setelah Valerenga di Piala Winners 1998/99 silam.


Delapan pertandingan leg kedua 32 besar Liga Europa lainnya baru akan dimainkan bersamaan dalam sepak mula yang lebih larut.

Berikut ringkasan hasil laga-laga leg kedua 32 besar Liga Europa yang berlangsung bersamaan:

Villarreal 2 - Red Bull Salzburg 1

Sudah memiliki bekal kemenangan 2-0 di leg pertama, Villarreal melengkapi fase 32 besar mereka dengan menundukkan Salzburg 2-1 saat menjamu wakil Austria itu di Estadio de la Ceramica.

Mergin Berisha sempat menghidupkan harapan Salzburg untuk membalikkan agregat saat mencuri keunggulan pada menit ke-17, tetapi Gerard Moreno menyamakan kedudukan lima menit jelang turun minum.

Lantas pada menit ke-89, Moreno kembali mencetak gol dengan mengkonversi tendangan penalti demi membawa Villarreal berbalik memenangi pertandingan 2-1 atas Salzburg.

Rangers 5 - Antwerp 2

Tim besutan Steven Gerrard memiliki menuntaskan penampilan mereka secara gemilang untuk mengantungi tiket 16 besar dengan skor agregat 9-5 seusai menghantam Antwerp 5-2 di Stadion Ibrox.

Alfredo Morelos, Nathan Patterson dan Ryan Kent masing-masing mencetak gol dari serangan terbuka untuk Rangers yang dilengkapi dua penalti dari Borna Barisic dan Cedric Itten.

Kelanjutan kiprah di Liga Europa jelas jadi suntikan positif bagi Rangers yang saat ini memuncaki klasemen Liga Premier Skotlandia dengan keunggulan 18 poin atas rival bebuyutan Celtic.

Halaman selanjutnya: Shakhtar Donetsk vs Maccabi Tel Aviv

Shakhtar Donetsk 1 - Maccabi Tel Aviv 0

Sudah menang 2-0 dalam lawatan ke markas Maccabi Tel Aviv sepekan lalu, Shakhtar memantapkan kelolosan mereka ke babak 16 besar dengan kemenangan tipis 1-0 di Stadion NSC Olympiyksiy, Kiev, Ukraina.

Gol semata wayang kemenangan Shakhtar dicetak oleh Junior Moraes saat pemain tim nasional Ukraina hasil naturalisasi dari Brazil itu mengkonversi tendangan penalti pada menit ke-67.

TSG Hoffenheim 0 - FK Molde 2

Bertandang ke Stadion PreZero hanya berbekalkan skor imbang 3-3 dari leg pertama, Molde mampu meloloskan diri ke 16 besar setelah meraih kemenangan 2-0 atas Hoffenheim.

Eirik Andersen memborong dua gol kemenangan Molde, melalui tendangan jarak jauh pada menit ke-19 dan menyelesaikan umpan kiriman Martin Ellingsen pada menit keempat injury time.

Molde lolos ke babak 16 besar dengan skor agregat 5-3 atas Hoffenheim.

Ajax 2 - Lille 1

Tim besutan Erik ten Hag menduplikasi skor 2-1 yang juga mereka raih di leg pertama untuk mengunci tiket babak 16 besar Liga Europa.

Davy Klaassen membuka keunggulan Ajax pada menit ke-15 yang baru mampu dibalas Lille eksekusi penalti Yusuf Yazici pada menit ke-78.

David Neres menjebol gawang Lille pada menit ke-88 untuk memastikan Ajax memenangi pertemuan antara dua tim pemuncak klasemen sementara Liga Belanda dan Liga Prancis itu. (antara)