Vaksinasi Lansia di Kota Bandung Berjalan Lancar

Vaksinasi Lansia di Kota Bandung Berjalan Lancar
Foto: Yogo Triastopo



INILAH, Bandung - Direktur Rumah Sakit Al-Islam Kota Bandung Muhammad Iqbal mengatakan, proses vaksinasi Covid-19 tahap kedua berjalan lancar. Pasca penyuntikan, peserta tidak mengalami keluhan. 

"Tidak ada kendala sejauh ini. Kita tidak menemukan adanya efek samping atau keluhan," kata Iqbal di RS Al-Islam, Kota Bandung, Jumat (26/2/2021). 

Menurutnyaa, dalam vaksinasi tahap kedua ini RS Al-Islam Kota Bandung menerima sebanyak 36 orang yang masuk dalam kategori lanjut usia (lansia). Setelah vaksinasi, para lansia itu nantinya kembali dicek. 


Dia menyebutkan, proses vaksinasi lansia berbeda dengan orang biasa. Sebab, diperlukan pengecekan yang lebih mendetail untuk memastikan kesiapan setiap peserta yang akan divaksinasi. 

"Ada skrining tentang kerapuhan. Jadi apakah lansia ini dalam kondisi sehat, bisa melakukan aktivitas dan lainnya. Lalu jarak dosis satu dan dua juga berjarak 28 hari. Jadi berbeda kalau yang umum kan 14 hari," ucapnya.  

RS Al-Islam Kota Bandung menyediakan kuota vaksinasi sebanyak 60 orang dalam setiap harinya. Jumlah tersebut akan dibagi menjadi tiga gelombang agar tidak menimbulkan kerumunan.

"Kami dalam setiap hari itu mencadangkan 60 orang yang divaksinasi. Kita buat tiga gelombang biar tidak terjadi kerumunan. Datangnya itu tergantung dari Dinkes, misalnya datangnya 30 atau 40 kita terima," ujar dia. 

Dia menambahkan, bagi lansia yang akan melaksanakan vaksin, sebaiknya memastikan kondisi tubuhnya dalam keadaan baik. Pasalnya, petugas akan melakukan screening secara ketat untuk memastikan kondisi. 

"Karena memang ada hal yang spesifik pada lansia, karena banyak komorbiditas yang terjadi. Salah satunya hipertensi, diabetes, jantung. Itu harus kita pastikan betul itu tidak terjadi," tandasnya. (Yogo Triastopo)