Bukan Karena Rugi Kim Kurniawan Tinggalkan Persib

Bukan Karena Rugi Kim Kurniawan Tinggalkan Persib



INILAH, Bandung - Cukup lima tahun bagi Kim Jeffrey Kurniawan membela Persib Bandung. Kini, gelandang naturalisasi asal Jerman itu memutuskan untuk hengkang. 

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono mengaku tidak bisa berbuat banyak untuk bisa mempertahankan kembali Kim. Terlebih, pemain yang bergabung sejak musim 2016 lalu ini berkeinginan mencari tantangan baru di klub lain. 

"Kim kontraknya habis dan Kim memilih tantangan yang lain," ujar Teddy Tjahjono saat dihubungi. 


Teddy membantah hengkangnya Kim dari Persib bukan karena ketidakcocokan nilai kontrak. Mengingat saat ini kondisi keuangan Persib mengalami kerugian usai ketiadaan kompetisi di musim 2020. "Bukan karena nilai, tetapi kesempatan bermain. Silakan double check ke Kim langsung," tegasnya. 

Meski demikian, Teddy tidak mengetahui tim yang akan dibela Kim Jeffrey Kurniawan di musim 2021 ini. Termasuk di turnamen Piala Menpora 2021 yang akan dimulai 21 Maret mendatang. "Tebak sendiri saja," tuturnya. 

Karena itu, Teddy mengucapkan banyak terimakasih untuk Kim. Terlebih, adik ipar Irfan Bachdim ini sudah membela Persib sejak musim 2016 silam. 

"Terimakasih kepada Kim Kurniawan atas sumbangsih dan kerjasamanya selama 5 tahun terakhir," katanya. 

Seperti dilansir laman resmi Persib, Kim mengungkapkan bahwa berpisah dengan Persib merupakan keputusan yang berat. Namun, dia harus mengambil keputusan demi karier sepak bola ke depannya. 

Kim mengaku mendapatkan tawaran yang lebih menantang. Terlebih, klub barunya ini merupakan klub yang lebih kecil dibandingkan Persib Bandung. 

"Justru itu tantangannya. Saya tertantang, apakah bisa enggak membawa klub yang lebih kecil dari Persib bisa sukses," kata Kim.

Kim memastikan hengkangnya dari Persib bukan karena nilai kontrak. Sebaliknya karena ingin mendapatkan tantangan baru di dunia persepak bolaan Indonesia. 

"Saya bisa saja gagal dengan tantangan ini, kita tak pernah tahu itu tapi saya ingin memperjuangkan kesempatan ini," tambahnya. 

Meski demikian, Kim memastikan akan tidak akan melupakan Bobotoh. Sebab suporter fanatik Persib Bandung ini memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan karier sepak bolanya. 

"Bobotoh adalah alasan saya jatuh cinta dengan Persib. Dukungan Bobotoh di saat saya terpuruk membuat saya selalu bangkit kembali. Saya tak akan bisa melupakan dan sampai kapanpun mencintai Bobotoh dan Persib," tuturnya. 

Kim juga mengucapkan banyak terimakasih kepada manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB). "Seluruh karyawan PT PBB, tim pelatih dan official, teman-teman pemain dan tentunya Bobotoh yang dukungannya selama ini luar biasa," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)