Nahkoda Baru, BPSK Siap Tangani Aduan Konsumen

Nahkoda Baru, BPSK Siap Tangani Aduan Konsumen
Foto: Rizki Mauludi



INILAH, Bogor - Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Bogor kini memiliki pimpinan baru. Boris Darurasman terpilih dan dilantik menjadi Ketua BPSK Kota Bogor periode 2021-2026. 

Pada awal masa jabatannya, Boris bertekad memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, baik konsumen maupun produsen. Apalagi, BPSK memiliki tugas menampung aduan dari masyarakat.

Dia mengatakan, sembilan anggota BPSK yang dilantik terdiri dari tiga unsur yakni tiga unsur pemerintah, tiga unsur pelaku usaha, dan tiga unsur konsumen. Semuanya telah melalui tahapan seleksi yang diadakan oleh Kementerian Perindustrian dan Perdagangan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat.


"Sesuai dengan Kepmenperindag 350/2001 yang telah diatur, tugas dan wewenang BPSK adalah menerima pengaduan dari konsumen dan menyelesaikan sengketa dengan produsen yang mereka adukan. Ini adalah upaya dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan untuk melindungi konsumen," kata Boris kepada wartawan di Sekretariat BPSK Kota Bogor, Sabtu (27/2/2021) kemarin.

Boris melanjutkan, untuk sengketa yang diadukan nantinya akan dipilah berdasarkan kompetensi. 

"Apakah itu mediasi, konsiliasi atau arbitrase. Atau kita akan bersidang dengan menunjuk majelis hakim yang ketuanya dari unsur pemerintah dan anggota majelisnya dari pelaku usaha dan unsur konsumen," tambah Boris.

Dengan dikukuhkannya pengurus baru ini, lanjut Boris, pihaknya akan segera melaksanakan rapat untuk membahas program kerja kedepan. Yang pasti pihaknya akan melakukan sosialisasi lebih masif lagi mengikuti dinamika perkembangan yang terjadi dan BPSK. 

"Harus lebih responsif dalam menampung dan menangani aduan dari konsumen agar konsumen merasa tenang, dan nyaman, dalam proses jual-beli," terangnya. (Rizki Mauludi)