Jejak 1.000 Masjid, Wakaf Salman Kunjungi Masjid An-Nuur dan Masjid Salman Rasidi Secara Virtual

Jejak 1.000 Masjid, Wakaf Salman Kunjungi Masjid An-Nuur dan Masjid Salman Rasidi Secara Virtual
Istimewa



INILAH, Bandung - Wakaf Salman ITB bersama puluhan partisipan berkesempatan mengunjungi masjid An-Nuur di Jalan Muararajeun, Kota Bandung dan masjid Salman Rasidi di Soreang, Kabupaten Bandung secara virtual.

Acara ini diinisiasi oleh Wakaf Salman untuk mengenalkan kepada para wakif dan jamaah mengenai masjid An-Nuur dan progres Masjid Salman Rasidi yang merupakan beberapa masjid yang akan diberdayakan di tahun 2021 ini.

General Manager Wakaf Salman Tawfiq Iskandar mengatakan dalam acara yang diadakan secara virtual ini, Wakaf Salman bertemu dengan Wahyu Nurdin, sosok yang telah mengabdi di masjid Salman ITB sejak 2006 silam. Beliau dipilih jamaah menjadi Ketua DKM masjid An-Nuur. Masjid yang makmur di tengah masyarakat sekitarnya.


Masjid ini produktif bukan hanya karena aktivitas ibadah sehari-hari, tetapi juga aksi cukur gratisnya setiap hari Jumat, urban farming, dan peternakan lele. Selain itu, jamaah juga bisa menggunakan gedung serba guna, utamanya untuk kegiatan pendidikan, namun bisa juga diperuntukkan bagi acara pernikahan dan semacamnya.

Berbagai upaya pengembangan fungsi masjid tersebut berbuah hasil dan manfaat. Tidak hanya membantu perekonomian masjid. Berbagai kegiatan dijalankan masyarakat yang menjadi rutinitas rutin.

“Belajar dari Pak Wahyu yang telah berkhidmat selama 15 tahun kepada 2 masjid, bahwa kita sangat membutuhkan sosok seperti beliau dalam keberlangsungan kemakmuran masjid. Sudah selayaknya kita sebagai jamaah yang selalu menggunakan masjid dengan nyaman mendukung keberlangsungan kehidupan para marbot masjid. Kemandirian ekonomi yang telah dijalankan oleh masjid Annur dengan urban farming membuktikan bahwa apa yang telah kita sedekahkan dapat diproduktifkan,” ungkap Tawfiq, Senin (1/3/2021).

Selain masjid An-Nuur, Tawfiq dan tim Wakaf Salman melangkahkan kaki ke masjid Salman Rasidi. Masjid ini targetnya bisa mulai digunakan pada bulan Ramadan tahun ini. Meski di tengah pandemi, masjid Salman Rasidi berupaya untuk melanjutkan pembangunan demi menjadi tempat penuh keberkahan di bulan suci nanti bagi masyarakat Soreang.

"Masjid Salman Rasidi merupakan bagian dari kompleks pembangunan Rumah Sakit Salman Hospital. Saat ini, masjid Salman Rasidi akan membangun tempat sujud dengan alas parquet yang menambah kenyamanan beribadah. Rencananya seluruh wilayah masjid akan didukung oleh AC khusus yang membentuk kolam udara dingin. Ada juga fasilitas jalur ramah bagi difabel untuk bisa salat di lantai 2, serta akses bagi keranda agar mudah mobilisasinya," papar Tawfiq.

Sebagai catatan, acara ini dapat terselenggara karena kerja sama antara Wakaf Salman, Masjid An-Nuur, Masjid Salman Rasidi, dan rekan-rekan media yang turut serta hadir. Mari dukung masjid-masjid di Indonesia agar terus berkembang mandiri dan menjadi pusat peradaban bagi pembangunan di segala bidang di Indonesia. Donasi terbaik dapat disalurkan melalui Call Center (0811-2441-444). Acara Virtual Tour “Jejak 1000 Masjid Ep. 03” bisa disaksikan kembali melalui Youtube Wakaf Salman ITB. (Okky Adiana)